Keterampilan metakognitif merupakan salah satu keterampilan yang harus dilatihkan untuk mempersiapkan lulusan yang unggul di era masyarakat 4,0. Proses melatihkan keterampilan metakognitif dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan strategi Know Want Learned (KWL). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berorientasi strategi Know Want Learned (KWL) pada materi fotosintesis untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa kelas XII yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis (siswa, kurikulum, konsep, dan tugas), kemudian dilanjutkan dengan perancangan, dan pengembangan LKS yang dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. LKS yang telah dikembangkan dan dinyatakan valid selanjutnya diimplementasikan kepada 15 siswa kelas XII MIPA MAN 5 Jombang tahun pelajaran 2019/2020. Pada akhir kegiatan implementasi, dilakukan evaluasi LKS berdasarkan data validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKS dan soal pretest-posttest yang dikembangkan berturut-turut memperoleh modus skor dan persentase validitas sebesar 4,00 dan 95,88% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan LKS yang dikembangkan berdasarkan keterlaksanaan LKS dan hasil angket respon siswa berturut-turut memperoleh persentase sebesar 100% dan 95,23% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan LKS yang dikembangkan berdasarkan hasil ketuntasan indikator sebesar 100%, nilai sensitivitas dengan rentang 0,33-0,80, rata-rata N-Gain sebesar 0,73, dan rata-rata keterampilan metakognitif sebesar 3,80 dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian secara keseluruhan, LKS yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa pada kegiatan pembelajaran materi fotosintesis.
Metacognitive skill is one of the skills that must be trained to prepare excel graduates in the era of society 4.0. Metacognitive skills could be trained through learning activities in the classroom using the Know Want Learned (KWL) strategy. The objective of this research was to produce student worksheet based on Know Want Learned (KWL) strategy in photosynthesis topic to train metacognitive skill of 12th grade students which was worthy reviewed of the validity, practicality, and effectivity aspects. This research adapted ADDIE development model. The research is started by analysis (students, curriculum, concepts, and assignments), then design and development of student worksheet conducted in the Department of Biology, FMIPA, Unesa. The student worksheet that has been developed and valid, then implemented to 15 of 12th grade students MAN 5 Jombang academic year 2019/2020. At the end of the implementation, LKS is evaluated according to validity, practicality, and effectivity aspects. The results showed that the validity of the student worksheet and pretest-posttest questions were successively obtained the validity mode and percentage of 4.00 and 95.88%, the category is very valid. Practicality of student worksheet according to the implementation of student worksheet and student questionnaire responses were successively obtained practicality percentage of 100% and 95.23%, the category is very practical. Effectivity of student worksheet based on the results of 100% complete indicators, sensitivity values range of 0.33- 0.80, N-Gain average of 0.73, and metacognitive skills average of 3.80, the category is very effective. Overall, the student worksheet was declared valid, practical, and effective to be used to train students' metacognitive skills in learning photosynthesis topic.