Mendengarkan adalah keterampilan yang penting baik di kelas maupun dalam percakapan sehar-hari. Medengarkan adalah sebuah aktivitas aktif karena ketika seseorang mendengarkan, otak mereka akan bekerja untuk menangkap informasi yang mereka dengarkan dan memahami apa yang pembicara katakan. Akan tetapi, mengajar mendengarkan itu tidak mudah karena masih ada banyak siswa yang kurang termotivasi dalam pembelajaran mendengarkan. Untuk mengatasi masalah ini, pembelajaran seluler (m-learning) sebagai alat teknologi seluler bisa digunakan untuk media pembelajaran untuk mendukung siswa dalam belajar medengarkan. Siswa dapat belajar dengan menggunakan pembelajaran seluler tidak hanya di dalam kelas saja tapi juga bisa diluar kelas. QR Codes adalah salah satu media pembelajaran seluler yang bisa digunakan untuk belajar mendengarkan. QR Codes menyediakan materi mendengarkan yang autentik dari YouTube atau program TV untuk mengajar dan latihan mendengarkan. Sementara itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan QR Codes dalam pemahaman mendengarkan dan respon siswa selama penerapan penggunaan QR Codes sebagai media untuk mendengarkan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X sekolah menengah keatas dan dilakukan dengan desian penilitian kualitatif. Kemudian, untuk mengumpulkan data peneliti melakukan observasi dan memberikan kuisioner kepada siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah catatan observasi dan jawaban kuisioner yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan penggunaan QR Codes dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mendengarkan.
Listening is important skill both in the classroom and daily conversation. Listening is an active activity because when a person is listening, their brain is working to catch the information they heard and understand what the speaker is saying. However, teaching listening is not easy because there are still many students who are less motivated in listening learning. To overcome this problem, mobile learning (m-learning) as a tool of mobile technology can be used for learning media to support students in learning listening. The students can learn with m-learning outside the classroom. QR Codes is one of the m-learning media that can be used for learning listening. QR Codes provide the authentic listening material from YouTube or TV program for listening teaching and practice. Meanwhile, the objective of this study are to describe the implementation of using QR Codes in listening comprehension and the student’s response during the implementation of using QR Codes as a media in listening. The subject of this study is tenth grades of Senior High School and conducted in qualitative research design. Then, to collect the data the researcher did an observatio and gave the student questionnaire. The instruments used to collect the data are observation field note and the answer to the questionnaire given to the students. Based on the data, the result of this study shows the implementation of using QR Codes in learning can increase their motivation in learning listening.