Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran dalam Jaringan
optimization of IT based infrastructure as a support for online learning
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses optimalisasi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran berbasis IT di era Revolusi Industri 4.0 menuju era Society 5.0. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan menganalisis artikel dalam jurnal nasional maupun internasional. Adapun tahapan penelitian meliputi identifikasi topik permasalahan, klasifikasi kajian pustaka yang relevan dan penarikan kesimpulan untuk menjawab topik permasalahan. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa pengoptimalan manajemen sarana dan prasarana berbasis informasi teknologi memegang peranan penting terhadap kualitas pendidikan. Optimalisasi sarana prasarana berbasis informasi teknologi merupakan keseluruhan proses pendayagunaan sarana dan prasarana berbasis Informasi dan Teknologi seperti pada platform pembelajaran, E- Library, kantin digital yang mengintegrasikan pengunaan Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) baik langsung maupun tidak langsung dalam menunjang proses penyelenggaraan pendidikan untuk meraih hasil yang maksimal. Tahapan yang harus dilalui yaitu (1) tinjauan penggunaan fasilitas (2) menilai kondisi fasilitas untuk menentukan tingkat pemeliharaan yang ditangguhkan; (3) menentukan keuangan atau anggaran yang dibutuhkan (4) perencanaan untuk tujuan jangka panjang (5) mengevaluasi kegiatan secara teratur. Adapun beberapa aspek yang harus diperhatikan yakni kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, pendanaan yang berkelanjutan dan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah harus dimasukkan kedalam rencana strategis sekolah.
This article aims describe optimization of IT-based learning support facilities and infrastructure in the Industrial Revolution 4.0 towards Society 5.0 era. The method used is literature review by analyzing articles national and international journals. Research stages include identification of problem topics, classification of relevant literature reviews and drawing conclusions to answer problem topics. Results the literature study show optimization of management facilities and infrastructure based on information technology have important role in the quality of education. Optimization of information technology-based infrastructure is the whole process of utilizing Information and Technology-based facilities and infrastructure such as learning platforms, E-Libraries, digital canteen that integrate use the Internet of Things, Augmented Reality and Artificial Intelligence both directly or indirectly in supporting the process of providing education to achieve maximum results. The stages that must be passed are (1) Review of the use of facility (2) assessing the condition facility to determine the level of deferred maintenance (3) Determine financial or budget needed (4) planning for long-term goals (5) evaluate activities regularly. There are several aspects that must be considered, effective leadership of the principal, sustainable funding and the needs for school facilities and infrastructure that must be included in the school's strategic plan.