REVIEW: HANDOUT DIGITAL PADA MASA PANDEMI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
REVIEW: HANDOUT DIGITAL OF PANDEMIC TIME IN CHEMISTRY LEARNING
Artikel ini dibuat untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout digital selama masa pandemi dalam meningkatkan hasil belajar pada materi kimia. Metode yang digunakan yaitu meta analisis dengan cara merangkum, merewiew, dan menganalisis data dari literatur dan diolah secara statistik. Selama pandemi berlangsung, guru harus kreatif dalam melakukan pembelajaran karena proses pembelajaran dilakukan secara daring. Sebagai fasilitator, guru dapat memfasilitasi siswa dengan pemberian handout digital yang dapat diakses lebih mudah tanpa internet. Selain itu, penggunaan handout memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dapat diamati melalui uji statistik paired sample dan effect size hasil belajar antara sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan handout. Penggunaan handout sebagai alternatif bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 38,6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa handout digital dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar materi kimia selama pandemi berlangsung.
Kata kunci: Handout Digital, Media Pembelajaran, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Kimia
The aim of this article is to examine the effects of influences during a pandemic period to improve learning outcomes in chemical materials. The method used is meta-analysis by summarizing, analyzing, and analyzing data from the literature and processed statistically. During the pandemic, teachers must be creative in learning because the learning process is carried out in a bold manner. As facilitators, teachers can facilitate students by providing digital handouts that can be accessed more easily without the internet. In addition, the use of handouts has a strong influence on improving student learning outcomes. The increase in student learning outcomes can be observed through paired sample statistical tests and the effect size of learning outcomes between before use and use of handouts. The use of handouts as an alternative to teaching materials can improve learning outcomes by 38.6%. This shows that digital material can be used as an alternative to chemical teaching materials during the pandemic.
Key words: Digital Handout, Learning Media, Covid-19 Pandemic, Chemistry Learning