Hubungan antara Kesepian dengan Kecanduan Game Online pada Remaja Usia 18-25 Tahun
Relationship between Loneliness and Online Game Addiction in Adolescents Aged 18-25 Years
Game online merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang keberadaannya sering menimbulkan kecanduan pada penggunanya. Bagi remaja yang merasakan kesepian, bermain game online dapat membantu mengurangi perasaan kesepian yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan kecanduan game online pada remaja usia 18-25 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan melibatkan subjek sebanyak 428 remaja yang merupakan mahasiswa S1 Universitas Negeri Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasional menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Berdasarkan analisis tersebut didapatkan nilai koefisiensi korelasi (r) sebesar 0,563 dan nilai signifikansi (p) 0,00. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif signifikan berkekuatan sedang antara kesepian dengan kecanduan game online pada remaja usia 18-25 tahun.
Kata Kunci: Kesepian, Game online, Kecanduan Game Online
Online games are one of the technological development products whose existence often causes addiction in its users. For adolescents who feel lonely, playing online games can help reduce the feelings of loneliness they experience. This research aims to determine the relationship between loneliness and online game addiction in adolescents aged 18-25 years. The method used in this research is quantitative with 428 adolescents as subjects who are undergraduate students at Surabaya State University. The data analysis technique used is correlational using the Spearman Rank correlation test with SPSS 20 for Windows. Based on this analysis, the correlation coefficient (r) value is 0.563 and the significance value (p) is 0.00. These results show that there is a significant positive relationship of medium strength between loneliness and online game addiction in adolescents aged 18-25 years.
Keywords: Loneliness, Online Games, Online Game Addiction