Perencanaan karier adalah proses penyusunan atau merancang sebuah tujuan hidup, cita cita, dan jabatan yang bersifat jangka panjang. Perencanaan yang sudah matang bermanfaat untuk melatih pengambilan keputusan untuk mengembangkan pemikiran di masa sekarang untuk tujuan yang akan datang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya ditemukan masalah dalam perencanaan karier. Siswa belum mampu merencanakan kariernya dikarenakan kurangnya informasi dalam layanan bimbingan karier.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media Career Map yang dapat memenuhi kriteria akseptabilitas, sehingga dapat membantu perencanaan karier siswa. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Define (Pendefinisisan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Model pengembangan ini dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Peneliti membatasi penelitian pengembangan ini sampai pada tahap 3, yaitu Develop (Pengembangan) dan tidak melakukan tahap 4, yaitu Disseminate (Penyebaran). Setelah media Career Map selesai dikembangkan, maka perlu adanya uji validasi dan uji coba. Hasil yang diperoleh dari uji ahli materi adalah 81,95 % dengan kategori penilaian produk sangat baik, tidak perlu revisi dan hasil untuk buku panduan adalah 83,3 % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Selanjutnya, dari uji ahli media diperoleh 96,2 % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi dan hasil untuk buku panduan 98 % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Kemudian, calon pengguna (Konselor) diperoleh hasil 95,8 % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi dan oleh calon pengguna (siswa) diperoleh hasil 88,8 % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Dengan demikian produk berupa media Career Map telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.
Kata Kunci: Pengembangan, Career Map, Perencanaan Karier
The career plan is the process of drafting or designing a long-term goal in life, goals, and positions. Mature planning is useful for training decision making to develop thinking in the present for future goals. Based on research conducted on class X students of SMA 12 Surabaya found problems in career planning. Students have not been able to plan their careers due to lack of information in career guidance services.
This researchs aims to produce a product that is Career Map that can has the acceptability criteria, so that, media can help careers plan for students. The development model used by researcher is a 4D, development model consisting of four stages, namely: Define, Design, Develop, Disseminate. This development model was developed by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel. Researcher limit this development researchs until third stage of Develop without doing stage Disseminate. After the Career Map has been developed, it is necessary to have a validation and trial test. The result obtained from the material expert test was 81.95% with assesment criteria is very good product, no revisions needed and the results for the guidebook was 83.3% with assesment category is very good, no revisions needed. Furthermore, from the media expert test 96.2% was obtained with assement criteria is very good, no revisions needed and results for guidebook was 98 % with assement category very good, no revisions needed. And then, prospective users (Counselor) the results obtained was 95.8% with assesment category is very good, no revisions needed and by prospective users (students) obtained was 88.8% with assesment category is very good, no need for revisions. So that, it can be concluded the product of Career Map has the acceptability criteria that includes of usability, appropriateness , accuracy and propriety.
Keywords: Development, Career Map, Career Plan