Shampo merupakan kosmetika perawatan rambut yang harus dimiliki wanita. Dalam membuat atribut produk khususnya shampo, industri menyesuaikan dengan keadaan pasar. Oleh karena itu perusahaan membuat produk shampo khusus yang disesuaikan dengan keinginan wanita berhijab disertai atribut produk dengan komponen merek, kwalitas produk, desain kemasan, harga dan labelisasi halal yang menarik minat konsumen untuk menentukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui pengaruh merek dalam atribut produk terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab 2. Mengetahui pengaruh kwalitas produk dalam atribut produk terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab 3. mengetahui pengaruh desain kemasan dalam atribut produk terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab 4. mengetahui pengaruh harga dalam atribut produk terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab 5. Mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab.
Jenis penelitian Kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 sampel dari mahasiswi S1 Pendidikan Tata Rias angkatan 2017 yang merupakan konsumen wanita berhijab. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F yang dibantu dengan program spss 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek dan desain kemasan memiliki hubungan positif dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo pada konsumen wanita berhijab, sementara kwalitas produk dan harga memiliki hubungan positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo. Label halal memiliki hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk hijab shampo. Uji hipotesis berupa uji F menunjukkan bahwa atribut produk dengan komponen merek, kwalitas produk, desain kemasan, harga dan label halal pada produk shampo berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji determinasi menunjukkan variabel independen mampu menjelaskan sebesar sebesar 63,4% terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk hijab shampo, sedangkan 36,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel independent yang sudah diteliti.
Kata kunci: atribut produk, label halal, keputusan pembelian, hijab shampo
Shampoo is hair care cosmetics that every women must have. In making product attributes, especially shampoo, the industry adjusts to the market conditions. Therefore, companies make special shampoo products adjusted to the wish of hijab women accompanied by product attributes in the form of brand, product quality, packaging design, price, and halal labeling that attract consumers to determine their purchasing decisions. This study aims to 1.knowing the effect of brand in the product attributes on purchasing decisions on hijab shampoo products for hijab women consumers 2. knowing the effect of quality product in the product attributes on purchasing decisions on hijab shampoo products for hijab women consumers 3. knowing the effect of packaging design in the product attributes on purchasing decisions on hijab shampoo products for hijab women consumers 4. knowing the effect of price in the product attributes on purchasing decisions on hijab shampoo products for hijab women consumers 5. Knowing the effect of halal labels on the purchasing decision on hijab shampoo products for hijab women consumers.
Quantitative research types. Data collection uses research instruments, data analysis is quantitative or statistical in order to test the hypotheses that have been set. This study took 50 samples from students of Cosmetology Education class of 2017 which as hijab women consumers. Data analysis techniques using multiple linear regression analysis techniques, the coefficient of determination. Hypothesis testing uses the t test and F test which are assisted by the SPSS 16 program.The results showed that the brand and packaging design have a positive relationship and has an significant effect on purchasing decisions of hijab shampoo products, while product quality and price have a positive relationship but do not have a significant effect on purchasing decisions of hijab shampo product. Halal label has a positive and significant effect on purchasing decision of hijab shampo product. Hypothesis testing in the form of F test shows that the product attributes in the form of brand, product quality, packaging design, price, and halal labels on shampoo product have a simultaneous effect on purchasing decisions. The results of determination test indicate that the independent variable is able to explain 63,4% of the dependent variable while 36,6% is explained by other variables.
Keywords: product attributes, halal label, purchasing decision, hijab shampoo