Integrasi teknologi dalam bidang pendidikan melalui platform LMS (Learning Management System ) dapat mempermudah pengelolaan pembelajaran Online . Hal tersebut menjadi tantangan untuk guru agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif.
Dengan demikian, penelitian ini mengembangkan suatu Website E-Learning berbasis Moodle yang didalamnya terdapat TMS (Task Management System ) melalui penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi mereka. Pendekatan ADDIE, yang terdapat dari tahap analisis, pengembangan, desain, implementasi, dan evaluasi, digunakan untuk membangun situs web ini.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir komputasi peserta didik jauh lebih baik dengan menggunakan Website E-Learning “Eduframe” dalam materi implementasi Framework Bootstrap 5 dibandingkan model pembelajaran konvensional. Uji independent t-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Computational Thinking siswa (nilai post-test Computational Thinking pada kelas eksperimen: 86,94 > kelas kontrol: 72,33) dan (nilai proyek Computational Thinking pada kelas eksperimen: 86,94 > kelas kontrol: 75,06) dibandingkan dengan gaya belajar konvensional.
Hasil uji hipotesis juga memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 dapat diterima dalam arti ada perbedaan temuan kemampuan berpikir komputasi siswa pada mata pelajaran pemrograman web setelah menggunakan website "Eduframe" yang didalamnya terdapat TMS (Task Management System ) dengan mengadopsi model sistem pembelajaran berbasis proyek untuk siswa kelas XI RPL di SMKN 2 Surabaya.
Kata Kunci : Learning Management System , Moodle, Project Based Learning , Berpikir Komputasi.