Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19
Analysis of Learning Motivation and Student Learning Outcomes During Covid-19 Pandemic
Adanya pandemi covid-19 membuat sistem pembelajaran di Indonesia dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh, atau lebih dikenal dengan pembelajaran daring. Berbagai satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran secara daring hal ini bisa membawa perubahan dalam kegiatan belajar. Baik itu dari diri siswa, guru maupun lingkungan belajar. Dari fenomena yang ada peneliti ingin melakukan analisis terkait motivasi velajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Tujusn dari penelitian ini untuk (1) mengetahui bagaimana motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 dan (2) mengetahui bagaimana hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dalam nonprobability sampling, sedangkan nilai yang digunakan merupakan nilai mata pelajaran Administrasi Umum. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 84,28% kategori motivasi tinggi. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,64 yang dapat dikatakan sebagai hasil belajar yang baik.