Kualitas Dari Tes Rancangan Guru Bahasa Inggris Berdasarkan Asesmen Komptensi Minimum (AKM)
The Quality of English Teachers Made Test Items Based On Minimum Competency Assessment or Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
ABSTRAK
Jannah, Indah Miftakhul. 2023. The Quality of English Teachers Made Test Items Based On Minimum Competency Assessment or Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tesis. Program Studi Pendidkan Bahasa dan Sastra. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd (II) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D
Kata Kunci : Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Cara Guru, Tes
Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM adalah asesmen nasional yag menggantikan ujian nasional di Indonesia. Kebijakan baru ini harus didukung oleh semua guru di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meginvestigasi cara guru menyusun soal Bahasa Inggris berbasis AKM. Penelitian ini juga mengeksplorasi soal yang dibuat oleh guru untuk mengetahui kecocokan atau hubungan dengan komponen AKM seperti konten, kontkes dan level kognitif. Penelitain ini menggunakan metode kualitatif. Tiga orang guru Bahasa Inggris dari SMA yang berbeda terlibat dalam penelitian ini. Melalui interview, mereka menjelaskan cara dalam menyusun soal Bahasa Inggris berbasis AKM. Penelitian ini juga telah menganalisa dokumen ujian semester yang telah mereka buat untuk melihat kehadiran AKM komponen di dalam tes.
Hasil menunjukkan bahwa guru menerapkan tujuh langkah dalam menyusun tes Bahasa Inggris berbasis AKM, (1) mempelajari model tes AKM, (2) menentukan tujuan/manfaat, (3) menentukan kemapuan yang akan diukur, (4) mencari stimulus, (5) memilih tugas, tipe soal dan mengaturnya secara sistematis, (6) menyusun sitem penilaian, dan (7) menyediakan umpan balik untuk siswa. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa guru mampu untuk menyusun soal Bahasa Inggris berbasis AKM namun proporsi komponen AKM (konten, konteks, dan level kognitif) masih belum tersebar secara merata. Untuk konten, teks fiksi mendominasi soal yang dibuat oleh guru. Kemudian, tidak ada guru yang menggunakan konteks Saintifik dalam tes. Terakhir untuk level kognitif, hanya ada satu guru yang berhasil menerapkan seluruh proses kognitif di dalam tes.
ABSTRACT
Jannah, Indah Miftakhul. 2023. The Quality of English Teachers Made Test Items Based On Minimum Competency Assessment or Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Thesis, Study Program of Language and Literature Education, Post Graduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (1) Prof. Dr. Hj. Lies Amin Lestari, M.A., M.Pd (2) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D
Keywords: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Teachers Procedure, Test
Minimum Competency Assessment or Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) is the national assessment used in Indonesia to replace the national examination. This new policy needs to be supported by all of the teachers in the school. For this reason, this study aims to investigate the teachers procedure in designing English test items based on AKM. This study also explores the test items developed by English teachers that correspond with AKM in terms of content, context, and cognitive level. Qualitative method is used to conduct this study. Three English teachers from different Senior High Schools participated in this study. They have been interviewed to explain the procedure for developing English test items based on AKM. Their final test items document was analyzed to reveal the AKM components.
The result shows that teachers do seven steps to develop English test items based on AKM: (1) learn the AKM test items model, (2) determine purpose/usefulness, (3) define abilities to be assessed, (4) find a stimulus, (5) select tasks and item types and arrange them systematically, (6) construct a system of scoring/grading, and (7) provide students feedback. This study also declares that teachers can create test items based on AKM but the proportion of AKM components (content, context, and cognitive process) arranged unevenly on their test items. It affirms that in part of the content, fiction text is dominate to used in the test items. Then, no one of the participants used Scientific in context terms. Last, in the cognitive process, only one participant success to applied all the cognitive processes of AKM in the test items.