Penelitian pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Geneng ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan motorik kasar anak khususnya dalam kegiatan melompat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pendidik dalam memasukkan kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar dan jarang memasukkan unsur permainan dalam pembelajaran, sehingga perlu dilakukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan yaitu dengan bermain. Melalui kegiatan bermain, anak dapat melakukan kegiatan secara menyenangkan sehingga semua aspek perkembangan dapat berkembang dengan maksimal. Salah satunya dapat menggunakan permainan lompat pintar untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dalam kegiatan melompat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari permainan lompat pintar terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Geneng Brondong Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yakni pre-experimental design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu anak kelompok B dengan jumlah 20 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisi data menggunakan uji statistik nonparamatrik menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxson Match Pairs Test).
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebelum perlakuan (pre-test) diperoleh nilai 154 dengan rata-rata 7,7 dan setelah perlakuan (post-test) diperoleh nilai 234 dengan rata-rata 11,7. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan Thitung adalah 0 dan Ttabel adalah 52 dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa Thitung < Ttabel (0 < 52) dan hasil keputusannya yaitu Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0 < 52) dan Ho ditolak karena Thitung > Ttabel (0 > 52). Kesimpulannya adalah permainan lompat pintar berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Geneng Brondong Lamongan.
Kata kunci : Permainan lompat pintar, motorik kasar, melompat
The research background in group B children at Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarden Geneng is due to a lack of gross motor skills of children, especially in jumping activities. This is due to the lack of educators in incorporating activities that can develop gross motor skills and rarely incorporate game elements in learning. Therefore it is necessary to do interesting and fun activities by playing to overcome these problems. Through playing activities, children can carry out fun activities so that all aspects of development can develop optimally. One of them is by using the smart jumping game to develop the gross motor skills of children in jumping activities. The purpose of this study is to determine whether there is an effect of the smart jumping game on the children's gross motor skills of group B at Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarden, Geneng, Brondong, Lamongan
In this study, the quantitative approach to the type of experimental research was used. While the research design used in this study was pre-experimental design with one-group pretest-posttest design. The population and sample in this study were children in group B with a total of 20 children aged 5-6 years. Data collection techniques used were observation and documentation techniques. The non-paramatric statistical tests using a level test marked Wilcoxon (Wilcoxson Match Pairs Test) was used as the data analysis technique.
Based on the results of the study, it was obtained data before treatment (pre-test) that is 154 with an average of 7.7 and after treatment (post-test) it was obtained a value of 234 with an average of 11.7. The results of the Wilcoxon level test show Tcount is 0 and Ttable is 52 with a significant level of 5%. From these results it can be seen that the Tcount<Ttable (0 < 52) and the results of the decision that is Ha is accepted because Tcount < Ttable (0 < 52) and Ho is rejected because of Tcount > Ttable (0 > 52). The conclusion of this research is that the smart jumping game affects the gross motor skills of children in group B at Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarden, Geneng Brondong, Lamongan.
Keywords: Smart jumping game, gross motor, jumping