PENGARUH PRESENSI BERBASIS SIDIK JARI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 18 SURABAYA
THE EFFECT OF FINGERPRINT BASED PRESENCE ON STUDENT DISCIPLINE IN SURABAYA 18 STATE HIGH SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh presensi berbasis sidik jari terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya pada angkatan tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan yaitu 164 siswa dari seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: kehadiran berbasis sidik jari (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin siswa (Y), yang tercermin pada thitung 57,057 dengan taraf signifikan 0,000. Nilai koefisien absensi kehadiran berbasis sidik jari sebesar 0,976 yang mendekati angka satu, sehingga dapat dilihat bahwa semua kehadiran berbasis sidik jari sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran berbasis sidik jari (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin siswa (Y), yang tercermin pada thitung 57,057 dengan taraf signifikan 0,000. Nilai koefisien absensi kehadiran berbasis sidik jari sebesar 0,976 yang mendekati angka satu, sehingga dapat dilihat bahwa semua keadiran berbasis sidik jari sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa di SMA Negeri 18 Surabaya.
Kata Kunci: presensi, sidik jari, kedisiplinan siswa
This study aims to determine the effect of fingerprint-based presence on student discipline in Surabaya 18 Public High School. The research approach used is a quantitative approach to the causal form. The subjects of this study were all Class X students of SMA Negeri 18 Surabaya in the 2018/2019 school year. The sample used was 164 students from the total population. The sampling technique uses probability sampling. Data collection techniques using interviews, documentation, and questionnaires. The instrument validity test uses the product moment correlation formula while the instrument reliability test uses the Cronbach alpha formula. Data were analyzed using simple linear regression analysis using SPSS 22.0 for Windows. The results showed that: fingerprint-based attendance (X) had a positive and significant effect on student discipline (Y), which was reflected in the count of 57,057 with a significant level of 0,000. The fingerprint-based attendance coefficient value of 0.976 which is close to number one, so that it can be seen that all fingerprint-based attendance greatly affects the level of student discipline in SMA Negeri 18 Surabaya. Based on the results of testing the hypothesis of this study showed that the presence of fingerprint-based (X) has a positive and significant effect on student discipline (Y), which is reflected in the count of 57,057 with a significant level of 0,000. The fingerprint-based attendance coefficient value of 0.976 which is close to number one, so that it can be seen that all fingerprint-based attendance greatly affects the level of student discipline in SMA Negeri 18 Surabaya.
Keywords: presence, fingerprints, student discipline