Penerapan Inovasi E-Kinerja Melalui Website Sistem Unggah Hitung Data Kinerja (SUHITA) di Badan Kepegawaian dan Pengembangan
Implementation of E-Performance Innovation Through The Performance Data Upload System (SUHITA) Website in Mojokerto District
Implementasi sistem manajemen kinerja memungkinkan organisasi pemerintah untuk mengelola kinerja pegawai dari tahap perencanaan, monitoring, hingga evaluasi kinerja secara akuntabel dan transparan. Sebagai organisasi yang berperan sebagai penyelenggara manajemen ASN, BKPSDM Kabupaten Mojokerto meluncurkan sebuah inovasi pengelolaan kinerja. Suhita (Sistem Unggah Hitung Data Kinerja) merupakan suatu inovasi e-kinerja berbasis website yang berguna sebagai fasilitas ASN di Pemkab Mojokerto dalam melakukan perencanaan kinerja hingga evaluasi kinerja secara transparan dan akuntabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana inovasi e-kinerja Suhita di BKPSDM Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian menggunakan teori faktor keberhasilan inovasi menurut Luky (2019). Hasil penelitian menunjukkan inovasi e-kinerja melalui website Suhita belum berjalan secara optimal. Pada indikator sumber daya manusia, pemimpin menjadi peran kunci dalam mendorong dan mengarahkan inovasi. Pada indikator teknologi, website yang digunakan memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Pada indikator organisasi, penerapan inovasi telah berjalan secara terencana, terorganisir, tergerak dan terkontrol. Pada indikator perilaku, BKPSDM Kabupaten Mojokerto belum berhasil menumbuhkan persepsi kemudahan penggunaan inovasi Suhita. Pada indikator kepuasan pengguna (user satisfaction), inovasi pengelolaan kinerja melalui website Suhita hanya memberikan kepuasan bagi sebagian pengguna dengan jabatan tertentu. Pada indikator manfaat bersih, manfaat bersih penerapan inovasi ini lebih dirasakan oleh pengguna dengan jabatan pengelola kepegawaian dan penilai kinerja. Adapun saran yang dapat diberikan meliputi: 1) memberikan pelatihan untuk tim pengelola inovasi, khususnya operator inovasi, 2) mengadakan sosialisasi dengan sasaran seluruh pengguna inovasi Suhita, 3) membentuk hotline aduan khusus inovasi Suhita, 4) menyederhanakan tampilan dan website Suhita.
Kata Kunci: Inovasi, Kinerja, Suhita
The implementation of performance management systems enables government organizations to manage employee performance from planning, monitoring, to performance assessment and evaluation accountably and transparently. As a technical institution responsible for managing the Civil Servant Management, BKPSDM Kabupaten Mojokerto has launched an innovation in performance management. Suhita (Performance Data Upload and Calculation System) is an e-performance innovation based on a website that serves as a facility for Civil Servants in Pemkab Mojokerto to transparently and accountably plan and evaluate performance. This research aims to describe how the e-performance innovation through the Suhita website at the Mojokerto District Human Resources Development Agency. This study employs descriptive research with a qualitative approach. The theory used as the research focus is the theory of innovation success factors according to Luky (2019). The research findings indicate that the e-performance innovation through the Suhita website has not yet been optimally implemented. In terms of human resources indicators, leaders play a key role in driving and directing innovation. In terms of technology indicators, the website used has a fairly high level of complexity. In terms of organizational indicators, the implementation of innovation has been well-planned, organized, activated, and controlled. In terms of behavioral indicators, BKPSDM Kabupaten Mojokerto has not successfully cultivated a perception of ease of use for Suhita innovation. In terms of user satisfaction indicators, the performance management innovation through the Suhita website only provides satisfaction to some users with specific positions. In terms of net benefit indicators, the net benefits of implementing this innovation are more felt by users in management and performance assessment positions.
Keywords: Innovation, Performance, Suhita