REPRESENTATION OF NATURE OF SCIENCE WITHIN THE SCIENCE TEXTBOOKS IN GRADE 9 (CASE STUDY IN SMP NEGERI 2 PANDAAN)
Salah satu upaya untuk melatih literasi sains siswa adalah dengan menyajikan aspek nature of science (NOS) ke dalam buku teks IPA sebagai sumber belajar-mengajar utama dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyajian sepuluh aspek NOS dalam buku teks IPA kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menganalisis tiga buku IPA yang digunakan dalam pembelajaran siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Pandaan. Setiap representasi aspek NOS dikumpulkan dan dijumlahkan berapa representasi yang dimuat secara keempat kategori penyampain NOS dalam suatu buku. Setiap representasi aspek NOS diberi skor sesuai dengan rubrik penskoran dari Abd-el-Khalick (2008). Hasil penelitian menunjukkan beberapa aspek NOS tidak tampak dalam ketiga buku teks IPA yakni inferensi, kreatif, dan metode ilmiah. Sedangkan aspek NOS yang tampak dalam ketiga buku teks IPA antara lain empiris, tentatif, teori ilmiah, hukum ilmiah, serta penanaman sosial dan budaya dalam sains yang sebagian besar disajikan secara implisit. Skor yang diperoleh buku A, B, dan C (terkait penyajian aspek NOS) berturut-turut adalah +9, +6, +9, masih sangat jauh dari skor maksimal yaitu +30. Perolehan skor tersebut menunjukkan bahwa penyajian aspek NOS dalam ketiga buku teks IPA yang diteliti masih rendah. Hasil tersebut menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan serta dapat berdampak serius terhadap penanaman literasi sains kepada siswa.
Representation of nature of science (NOS) within the textbook as the primary resources in learning, is one of the attempts that should be addressed to train student’s scientific literacy. This study aimed to describe the representation of ten aspects of NOS within the science textbooks in Grade 9. This study used a descriptive research method to analyze three science textbooks in Grade 9 that are used at SMP Negeri 2 Pandaan. The representation quotes of each target NOS aspect within the textbook were grouped, later were coded and scored regarding the four approaches used for addressing the NOS aspects with help of the rubric score from Abd-El-Khalick et al. (2008). Analyses showed that some of the targeted NOS aspects were not portrayed in these books which are inferential, creative, and scientific method. While five aspects of NOS including empirical, tentative, scientific theories, scientific laws, and social and cultural embeddedness of science were portrayed within these three books with most of them were implicitly represent. The scores obtained by book A, B, and C (regarding NOS aspects) respectively are +9, +6, +9, still very far from the maximum score that is +30. These scores indicated that the representation of NOS within these textbooks are poor. This fact is worrisome and has a serious impact on promoting scientific literacy to students.
Keyword: Nature of Science, Textbooks, Science, Book Analysis