Perkembangan motorik kasar memungkinkan anak selalu bergerak aktif dan melatih kekuatan koordinasi otot. Salah satu aspek yang mempengaruhi kegiatan motorik kasar adalah penguasaan keseimbangan badan yang sangat diperlukan disetiap kegiatan anak. Pada usia 4-5 tahun ini adalah masa yang sangat berpotensi untuk melatih dan mengembangkan keseimbangan gerak anak. Media yang digunakan untuk melatih keseimbangan adalah papan titian modifikasi, karena selain memiliki manfaat melatih keseimbangan anak tetapi juga merupakan kegiatan bermain aktif yang melibatkan banyak aktivitas tubuh atau gerakan tubuh.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh papan titian modifikasi terhadap keseimbangan gerak anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu), dimana terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan peserta didik dari 2 TK yaitu TK Yannas Bangkalan sebagai kelas kontrol dan TK Negeri Pembina sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -5,060 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima Ha dan disimpulkan bahwa adanya pengaruh papan titian terhadap keseimbangan gerak anak usia 4-5 tahun.
Kata Kunci: keseimbangan, papan titian
Gross motoric development allows the children to always move actively and train the strength of the muscle coordination. One aspect that affects the gross motoric activities is the mastery of body balance which is very necessary in every activity of the children. The age of 4-5 years is a potential period to train and develop the balance of children's movements. The media which is used to train the balance is a modified boardwalk, because its benefit is not only training the child's balance but also becoming an active playing activity that involves a lot of body activities or body movements.
The aim of this study is determining whether there is the influence of the boardwalk modification on the movement balance of the 4th-5th years children. The method of this research uses quasi experiment research, where there is a control class and an experimental class. This study involves the students from 2 kindergartens namely TK Yannas Bangkalan as the control class and TK Negeri Pembina as the experimental class.
Based on the results of the calculation of the Wilcoxon Signed Rank Test, the Z value obtained is -5.060 with a p value (Asymp. Sig 2 tailed) of 0,000 which is less than the critical limit of research 0.05, so that the hypothesis decision is accepting Ha and concluded that there is an influence of boardwalk to the movement balance of 4th - 5th years children.
Keywords: balancing, boardwalk