Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 21 Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dimana semua populasi digunakan sebagai sampel sebanyak 84 peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 21 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis linier regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi, motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi dan bimbingan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi. Kecerdasan intelektual, motivasi belajar dan bimbingan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi.
This study aims to describe the influence of intellectual intelligence, learning motivation and tutoring on the economic learning outcomes of class XI IIS in SMA Negeri 21 Surabaya both partially and simultaneously. The type of research used is ex-post facto research with a quantitative approach. The sample used is a saturdate sample, where all populations are used as a sample of 84 students of class XI IIS SMA Negeri 21Surabaya academic year 2018/2019. Data collection techniques used in the form of questionnaires, interviews and documentation. The analysis used is linear multiple regression analysis.
Based on the results of the study it can be concluded that intellectual intelligence partially has a significant effect on economic learning outcomes, partially learning motivation has a significant effect on the result of economic learning and tutoring partially has a significant effect on economic learning outcomes. intellectual intelligence, motivation to learn and tutoring simultaneously have a significant effect on economic learning outcomes.