ABSTRAK
Wahyuningsih, Luluk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MIN 1 Jombang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rusijino, M.Pd., dan (II) Dr. Suhanadji, M.Si.
Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Pembelajaran kooperatif merupakan desain kegiatan pembelajaran saling bekerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas tertentu dengan rasa tanggung jawab. Model pembelajaran kooperatif salah satunya adalah Jigsaw. Dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat karena pembelajaran Jigsaw mampu mengembangkan kemampuan bekerjasama siswa dalam kelompok dan sesuai dengan karakteristik tema globalisasi di kelas VI yang sangat luas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI MIN 1 Jombang yang beralamatkan di Jln. Abd. Rahman Saleh III/8 Jombang, dengan subyek penelitiannya siswa kelas VIC sebagai kelas kontrol dan kelas VID sebagai kelas eksperimen. Variabel penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest dan posttest control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi tentang aktivitas belajar siswa, soal pretest dan soal posttest tema Globalisasi. Butir soal variabel diujicobakan melalui uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearman-Brown dengan hasil yang valid dan reliabel. Uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrat, sedangkan uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent sampel t test dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Data-data yang telah berhasil dikumpulkan kemudian dianalisa melalui analisis Uji t menggunakan computer dengan System Seri Program Statistik (SPSS version 22).
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai pretest memperoleh nilai thitung sebesar 0,757. Nilai ttabel pada (df.56) dan taraf nyata 0,05 sebesar 1,673, apabila dilakukan perbandingan maka thitung sebesar 0,757 > ttabel sebesar 1,673. Jika dilihat dari nilai sig. 2 tailed sebesar 0.452< 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa “tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen”. Sedangkan pada hasil posttest memperoleh thitung sebesar 3,393. Nilai ttabel pada (df.56) dan taraf nyata 0,05 sebesar 1,673, apabila dilakukan perbandingan maka thitung sebesar 3,393 > ttabel sebesar 1,673. Jika dilihat dari nilai sig. 2 tailed sebesar 0.01< 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa “terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen” hal tersebut disebabkan adanya perlakuan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran koperatif Jigsaw.
ABSTRACT
Wahyuningsih, Luluk. 2018. The Influence of Cooperative Learning-Jigsaw Type- regarding to student’s activity and student's achievement for VI grade in MIN 1 Jombang. Tesis, Major of Primary Education, Post-graduate Program of Surabaya State University. The supervisors: (I) Prof. Dr. Rusijino, M.Pd., and (II) Dr. Suhanadji, M.Si.
Keywords : Cooperative Learning Method-Jigsaw, Learning Activity, Learning Achievement
Cooperative method is a learning design which requires responsibility and partnership in a group to overcome certain case. The method encompass a variety of types used and learnt. A particular attention has been focused on the Jigsaw as one of its types. The objective of implementing this type is to increase student’s learning achievement and their ability to cooperate with other students in discussing characteristics of globalization for VI grade. The study also sets out to examine the impact of cooperative learning especially Jigsaw type regarding to student’s activities and student’s achievement. The participants include students of VI grade in MIN 1 Jombang, specifically VI-C grade as the control class and VI-D as the experimental class. The variables are student’s activity and student’s achievement.
The research design used experimental by conducting pretest and posttest control group. The instruments in collecting the data are the observation, pretest and posttest in term of globalization. The questions are examined through validity test used pearson correlation while the reliability test used Spearman-Brown. The results are valid and reliable. The normality test used Chi Kuadrat, while Homogenity test and hypothesis test used Independent sample t-test. The results of both classes are normal and homogeny. Then the data collected are analyzed by using T-test on SPSS Program. (22 version).
Based on the data analysis, the score of pretest is 0,757. The ttable on (df.56) with the significant value of 0,05 is 1,673. So, the result will be 0,757 > 1,673 in comparison. Considering significant 2 tailed, the result will be 0,452 < 0,05. It can be concluded that “there is no significant difference between control class and experiment class”. While the result of posttest is 3,393. The ttable on (df.56) and significant value of 0,05 is 1,673. So, it will be 3,393 > 1,673 in comparison. Considering significant 2 tailed is 0.01 < 0,05. It can be concluded that “there is no significant difference between control class and experiment class”. It happened due to the given treatment of Jigsaw.