Pengembangan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Berupa Pop up Book Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 48 Surabaya
Development Of Three Dimensional Learning Media In The Form Of Pop Up Book Students Social Sciences Learning Outcomes SMP Negeri 48 Surabaya
Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS, dapat cukup efektif digunakan agar siswa tidak mudah bosan dan mudah memahami. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran tiga dimensi berupa Pop up Book, yaitu media berbentuk buku yang ketika dibuka maka objek didalamnya akan bergerak. Pemilihan media tersebut diharapkan dapat menjadikan siswa lebih senang dan tertarik untuk belajar IPS serta dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran tiga dimensi berupa Pop up Book terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 48 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu mengembangkan media pembelajaran Pop up Book. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji parameterik yaitu Uji T Berpasangan (Paired Sample T-Test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop up Book memperoleh skor dari tiga validator yaitu ahli materi sebesar 92% dengan kriteria Sangat Layak, ahli media sebesar 89% dengan kriteria Sangat Layak, dan ahli pembelajaran (guru) sebesar 85% dengan kriteria Sangat Layak. Selain itu, media pembelajaran Pop up Book juga memperoleh skor dari angket respon siswa sebesar 82% dengan kriteria Sangat Positif. Sedangkan hasil perhitungan Paired Sample T Test memperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media memiliki perbedaan signifikan yang menandakan bahwa media Pop up Book dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 48 Surabaya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop up Book, Hasil Belajar
The use of learning media in social studies subjects, can be used quite effectively so that students do not get bored easily and understand easily. This research develops three dimensional learning media in the form of a Pop up Book, namely boo shaped media that when opened, the objects inside will move. It is hoped that the choice of meda will make students happier and mode interested in studying social studies and can improve their learning outcomes. The aim this research is to find out how the development of three dimensional learning media in the form of Pop up Book affects the social studies learning outcomes of students at SMP Negeri 48 Surabaya.
The research uses research and development methods, namely developing Pop up Book learning media. The development model used is the ADDIE development model. The research design used was One Group Pretest Posttest Design. The data collection techniques used were interviews, observation, questionnaires and tests. The data analysis used is a parametric test, namely the Paired Sample T Test.
The research result showed that the Pop up Book learning media received scores from three validators, namely material experts at 92% with the Very Eligible criteria, media experts at 89% with the Very Eligible criteria, and learning expert (teachers) at 85% with the Very Eligible criteria. Apart from that, the Pop up Book learning media also received a score from the student response questionnaire og 82% with the criteria Very Positive. Meanwhile, the result of the Paired Sample T Test calculation obtained a significance value (2 tailed) of 0,000. These reslut show that the use of media has a significant different, indicating that Pop up Book media can improve social studies learning outcomes for students at SMP Negeri 48 Surabaya.
Keywords: Learning Media, Pop up Book, Learning Outcomes