Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 DRIYOREJO. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran powerpoint sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi adalah seluruh siswa kelas X program studi Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 DRIYOREJO yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, serta pengujian hipotesis yang terdiri dari analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi peson product moment, koefisien determinasi, dan uji-t dengan bantuan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh model persamaan regresi linier sederhana Y=28,167+0,461X yang artinya penggunaan media pembelajaran powerpoint berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, dimana setiap penambahan dari 1 nilai penggunaan media pembelajaran powerpoint, maka nilai motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,461. Dari hasil analisis korelasi product moment (r) diperoleh nilai r = 0,579 yang berada pada interval 0,40-0,599 memiliki hubungan sedang antara penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 33,5% yang artinya penggunaan media pembelajaran powerpoint memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 33,5 persen sedangkan sisanya sebesar 66,5 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya penggunaan media pembelajaran powerpoint berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima.
Kata Kunci: media pembelajaran , Motivasi belajar.
This study aims to determine the magnitude of the influence of the use of powerpoint learning media on learning motivation in class X students of the Light Vehicle Engineering program of SMKN 1 DRIYOREJO. The variables in this study are the use of powerpoint learning media as the independent variable and learning motivation as the dependent variable. The population is all students of class X Light Vehicle Engineering study program SMKN 1 DRIYOREJO, totaling 103 students. The sampling technique used is proportional stratified random sampling with a sample of 51 students. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. The data analysis technique used is an instrument test consisting of validity and reliability tests, as well as hypothesis testing consisting of simple linear regression analysis, peson product moment correlation analysis, coefficient of determination, and t-test with the help of SPSS 25 for windows. Based on the results of data analysis that has been carried out, it is obtained a simple linear regression equation model Y=28.167+0.461X, which means that the use of powerpoint learning media has a positive effect on student learning motivation, where each addition of 1 value of using powerpoint learning media, then the value of student learning motivation increased by 0.461. From the results of the product moment correlation analysis (r), the value of r = 0.579 which is in the interval 0.40-0.599 has a moderate relationship between the use of powerpoint learning media on students' learning motivation. From the results of the analysis of the coefficient of determination (R2), the value of R2 = 33.5%, which means that the use of PowerPoint learning media contributes to students' learning motivation by 33.5 percent while the remaining 66.5 percent is influenced by other factors. While the results of the t-test analysis obtained a significance value of 0.000 <0.05, which means that the use of powerpoint learning media has a significant effect on students' learning motivation, thus the hypothesis is accepted.
Keywords: Learning Media, Learning Motivation