The Influence of Religiosity and Islamic Bank Image on Saving Intention in Islamic Bank in Sidoarjo
Kenaikan atas aset, pembiayaan dan dana pihak ketiga Bank Syariah tiga tahun terakhir, tidak
diimbangi dengan meningkatnya marketshare terhadap perbankan nasional. Hal itu
menunjukan masih rendahnya minat masyarakat terhadap Bank Syariah. Tujuan yang ingin
didapatkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial dan pengaruh
simultan dari religiusitas dan citra Bank Syariah terhadap minat menabung melalui Bank
Syariah di Sidoarjo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan uji validitas dan
reliabilitas untuk uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis
yang terdiri atas uji parsial, uji simultan dan uji R squared. Hasil dari penelitian ini
menyebutkan bahwa religiusitas dan citra Bank Syariah memiliki pengaruh baik secara parsial
dan simultan terhadap minat menabung melalui Bank Syariah di Sidoarjo. Variabel religiusitas
dan citra Bank Syariah menyumbang 72,7% pengaruh terhadap minat menabung melalui Bank
Syariah di Sidoarjo.
Asset, financing and third-party fund of islamic bank were increasing in last three years. But,
the market share of islamic bank in national bank market is low. It means that people interest in
islamic bank is still low. This study aims to know the influence of religiosity and islamic bank
image on saving intention to islamic bank in Sidoarjo. This study is a quantitative study. This
research uses validation test and reliability test for instrument testing, classic assumption
testing, multiple linear regression testing and hypothesis test consisting of partial test,
simultaneously test and R squared test. The result of this study explains that religiosity and
islamic bank image have positive effect on saving intention to islamic bank in Sidoarjo in both
partial and simultaneously way. Variable of religiosity and islamic bank image have the 72,7%
effect on variable saving intention to islamic bank in Sidoarjo.