THE DEVELOPMENT OF STORY BOOKS IN THE FORM OF POP-UP TO GIVE STUDENTS A PICTURE OF LABELLING
Perilaku Bullying terdiri dari dua bentuk yaitu verbal dan non verbal. Bullying verbal berupa labelling. Pada tingkat sekolah dasar masih banyak terdapat perilaku labelling karena rendahnya pemahaman akan arti serta efek dari labelling. Guru kelas memiliki tanggung jawab untuk memberikan gambaran terkait labelling karena tidak adanya guru BK di Sekolah. Untuk memberikan gambaran labelling kepada peserta didik tingkat sekolah dasar dapat menggunakan bacaan buku cerita. Tujuan penelitian ini menghasilkan buku cerita dalam bentuk pop-up “Kelinci dan Kura-kura” yang memenuhi kriteria akseptabilitas berupa kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan dengan menggunakan model pengembangan dari Borg & Gall (2008). Metode untuk menganalisis data uji validasi media, uji validasi materi dan calon pengguna adalah metode content validity ratio (CVR) yang dirumuskan oleh Lawshe, seperti yang dipaparkan dalam (Purwoko, 2015). Pengujian dilaksanakan bersama dengan ahli materi, ahli media dan calon pengguna. Berdasarkan penilaian uji ahli serta calon pengguna didapatkan hasil bahwa uji ahli media memiliki nilai CVI pada media buku cerita 0,86 dan pada buku panduan 0,85. uji ahli materi memiliki nilai CVI pada media buku cerita 0,91 dan pada buku panduan 0,92. Uji calon pengguna (guru kelas) memiliki nilai CVI pada media buku cerita sebesar 0,95 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media buku cerita “Kelinci dan Kura-kura” pencegahan Labelling telah memenuhi kriteria akseptabilitas berupa kegunaan, kelayakan, kepatutam, dan ketepatan.
Bullying behavior consists of two forms, namely verbal and non-verbal. Verbal bullying in the form of labeling. At the elementary school level, there is still a lot of labeling behavior due to the low understanding of the meaning and effects of labeling. Class teachers have the responsibility to provide pictures related to labeling because there is no BK teacher in the School. To give a picture of labeling to elementary school level students can use storybook reading. The purpose of this study is to produce a storybook in the form of a "Rabbit and Tortoise" pop-up that meets the acceptability criteria in the form of usefulness, worthiness, propriety, and accuracy using the development model of Borg & Gall (2008). The method for analyzing media validation test data, material validation test, and potential users is the content validity ratio (CVR) method formulated by Lawshe, as described in (Purwoko, 2015). The test is carried out together with material experts, media experts, and potential users. Based on the assessment of expert tests and prospective users, the results show that the media expert test has a CVI value of 0.86 in storybook media and 0.85 in the guidebook Material expert test has a CVI value in the storybook media 0.91 and the guidebook 0.92. Prospective user test (class teacher) has a CVI value in the storybook media of 0.95. Thus it can be concluded that the media of the storybook "Rabbit and Tortoise" Prevention of Labeling has met the acceptability criteria in the form of usefulness, worthiness, propriety, and accuracy.