Abstrack
Penelitian ini dilatar belakangi oleh cerita rakyat yang merupakan suatu cagar ilmu pengetahuan nilai-nilai yang luhur dalam masyarakat. Oleh karena itu, sangat tepat dijadikan sebagai bahan ajar dalam membentuk sikap nasionalisme siswa khusunya bagi anak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar cerita rakyat dalam membentuk sikap nasionalisme siswa sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan pengembangan yang mengembangkan bahan ajar yang mengikuti desain nonequivalent control grub design model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pajagalan I Sumenep. Teknik analisis data meliputi, analisis validitas bahan ajar, analisis kepraktisan bahan ajar (keterlaksanaan pembelajaran bahan ajar, respon siswa dan guru), Analisis Keefektifan Pembelajaran (tes kempampuan sikap, uji normalitas, uji homogenitas dan uji efektifitas penggunaan bahan ajar). Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: hasil uji validasi bahan ajar sangat valid rata-rata nilai yang diperoleh >0,80 dengan sedikit revisi. Hasil analisisi keeftifan melalui uji-t untuk pretest kelompok kontrol dan eksperimen thitung =3,670 > ttabel = 1,670. Terdapat perbedaan terhadap kemapuan sikap nasionalisme siswa kelas IV SD Negeri Pajagalan I Sumenep.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Cerita Rakyat, Sikap Nasionalisme.
abstrack
The background of this research by folklore which is a heritage of knowledge noble values in society. Therefore, very precise serve as resource nationalism in shaping attitudes of students especially for primary school children.The purpose of this research to develop teaching materials folklore nationalism in shaping attitudes of primary school students. The approach in this study is a development approach that develops teaching materials that follow the design nonequivalent control grub 4-D design models. The subjects were Elementary School fourth grade students Pajagalan I Sumenep. Includes data analysis techniques, analysis of the validity of teaching materials, teaching materials practicality analysis (keterlaksanaan learning materials, the response of students and teachers), Analysis of the Effectiveness of Learning (test kempampuan attitudes, normality test, homogeneity and test the effectiveness of the use of teaching materials). The data were obtained as follows: the results of the validation test is very valid teaching materials average value obtained > 0.80 with a little revision. Results analisisi keeftifan through t-test for the control group and the experimental pretest t = 3.670> table = 1.670. There are differences to the Traffic nationalism Elementary School fourth grade students Pajagalan I Sumenep.
Keywords: Subjects, Folklore, Attitude Nationalism.