ABSTRAK
Imam Fajar. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dan Penggunaan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A., dan (2) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd
Kata Kunci: Lingkungan Sekitar, Mind Mapping, Hasil Belajar, Sekolah Dasar
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan: (1) mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar; (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar; (3) mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar dan penggunaan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas; ada kelas kontrol dan eksperimen menggunakan desain non equivalent control group design. Data penelitian menunjukkan: hasil uji normalitas di kelas eksperimen adalah 0,165 dan di kelas kontrol 0,124. Kedua kelompok memiliki signifikansi> 0,05 atau 0,5%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa data untuk setiap kelompok berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai homogenitas dari hasil belajar pretest 0,720 dan hasil belajar posttest menghasilkan nilai signifikan 0,910. Jumlah signifikansi> 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa varian sampel homogen. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 84,73 dan kelas kontrol adalah 73,2. Kemudian dengan melihat hasil uji independent sample T-test diperoleh bahwa (t-hitung) adalah 3.079 dan (t-tabel) 1.686 (df. 38). Jika kita melakukan perbandingan t-hitung 3.079 > t-tabel 1,686 dan hasil sig. 2 adalah 0,000> 0,05 sehingga Ho menyangkal itu berarti ada perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) memanfaatkan lingkungan sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar; 2) penggunaan teknik mind mapping mempengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar, dan; 3) pemanfaatan lingkungan sekitar dan penggunaan teknik mind mapping memengaruhi hasil belajar siswa sekolah dasar.
ABSTRACT
Imam Fajar. 2019. The Effect of the Utilization of the Neighborhood and the Use of Mind Mapping Techniques on Learning Outcomes of Class IV Elementary School Students. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A., dan (2) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd
Keywords: Environment, Mind Mapping, Learning Outcome, Primary School
This research is quantitative research which aims to: (1) describe the effect of the use of the surrounding environment on the learning outcomes of elementary school students; (2) describe the effect of using Mind Mapping techniques on learning outcomes of elementary school students; (3) describe the influence of the use of the surrounding environment and the use of mind mapping techniques on the learning outcomes of elementary school students.
The study was conducted with a quantitative approach with an experimental method. This study uses two classes; there is a control class and experiment using a non equivalent control group design. Research data shows: the results of the normality test in the experimental class are 0.165 and in the control class 0.124. Both groups have significance> 0.05 or 0.5%. So, it can be concluded that the data for each group is normally distributed. The homogeneity test results obtained the value of homogeneity of the pretest 0.720 learning outcomes and the posttest learning results produced a significant value of 0.910. Amount of significance> 0.05. So, it can be concluded that the sample variants are homogeneous. The average value of the experimental class is 84, 73 and the control class is 73.2. Then by looking at the test results of the independent sample T-test it was found that (t-count) is 3.079 and (t-table) 1.686 (df. 38). If we do a t-count ratio of 3.079 > t-table 1.686 and the results of sig. 2 is 0,000> 0.05 so Ho denies that means there is a significant difference. The results showed that there were differences in learning outcomes between the control class and the experimental class.
The conclusions of this study are: 1) utilizing the surrounding environment affects the learning outcomes of elementary school students; 2) the use of Mind Mapping techniques affects the learning outcomes of elementary school students, and; 3) the use of the surrounding environment and the use of mind mapping techniques affect the learning outcomes of elementary school students.