Komunikasi merupakan hal yang penting di dalam sebuah kehidupan, maka dari itu tidak dapat lepas dari komunikasi. Komunikasi di era yang semakin canggih ini memiliki banyak cara, baik komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Komunikasi bisa dilakukan oleh satu orang dengan satu orang, satu orang dengan kelompok, kelompok dengan kelompok. Dimanapun dan kapanpun komunikasi dapat dilakukan sebagai mahluk hidup sosial, manusia membutuhkan interaksi dengan sesama manusia melalui komunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan komunikasi dengan teman sebaya siswa kelas XI IPA MAN 2 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang didesain dengan menggunakan one group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dengan tingkat komunikasi dengan teman sebaya rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket komunikasi dengan teman sebaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametrik dengan uji tanda atau wilcoxon
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan sebanyak 0,008 antara pre test dan post test. Dapat disimpulkan bahwa 0,0008 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa "Ha diterima". Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama secara efektif meningkatkan komunikasi siswa dengan teman sebaya
Communication is an important thing in a life, therefore cannot escape communication. Communication in this increasingly sophisticated era has many ways, both direct and indirect communication. Communication can be done by one person with one person, one person with a group, group with group. Wherever and whenever communication can be done. As social creatures, humans need interaction with fellow humans through communication.
This study aims to examine the group guidance service with sociodrama technique in improving communication with peers of 11 th grade IPA MAN 2 Gresik. This type of research is quantitative research with experimental methods that are designed using one group pre test post test. The sample in this study were students with low levels of communication with peers. The data collection method uses a communication quetionnaire with peers. The data analysis technique used is non-parametric statistics with the sign test or wilcoxon test.
The results showed a difference of 0,008 between pre test and post test. It can be concluded that 0,008 is less than < 0,05, it can be concluded that "Ha is accepted". So it can be concluded group guidance with sociodrama technique effectively improves student communication with peers.