ANALISIS MATERIAL KOMPOSIT BERBASIS SERAT BAMBU DAN MATRIKS POLYESTER SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN BUMPER MOBIL
ANALYSIS OF COMPOSITE MATERIALS BASED ON BAMBOO FIBER AND POLYESTER MATRIX AS MATERIALS FOR CAR BUMPER
Bumper mobil merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan kinerja kendaraan dan ketahanan terhadap benturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakterisasi sifat mekanik uji impak dengan variasi arah serat dan hasil foto makro pada komposit dengan serat bambu dan matriks polyester sebagai bahan pembuatan bumper mobil.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Bahan baku dalam pembuatan spesimen ini adalah menggunakan komposit bambu dan matriks polyester yang dibuat menggunakan metode hand lay-up dengan variasi tiga arah serat yaitu 0°, 45° dan 90°.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil pengujian impak tertinggi terdapat pada spesimen komposit pada variasi arah serat 0° dengan nilai energi impak 4,25 J dan harga impak 0,053125 J/mm2. Dan hasil foto makro pada pengujian impak ini terjadi fiber pullout, void dan kondisi patahan ulet.
Car bumpers are one of the components that can improve vehicle performance and impact resistance. .This study aims to determine the characterization of the mechanical properties of the impact test with variations in fiber direction and the results of macro photos on composites with bamboo fiber and polyester matrix as a material for making car bumpers.
The method used in this study is experimental. The raw material for making this specimen is a bamboo composite and a polyester matrix which is made using the hand lay-up method with variations in three fiber directions, namely 0°, 45° and 90°.
Based on the results of the research that has been done, the highest impact test results were found in composite specimens at 0° fiber direction variations with an impact energy value of 4.25 J and an impact value of 0.053125 J/mm2. and the results of macro photos in this impact test occur in fiber pullout, voids and ductile fracture conditions.