Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Dalam Bentuk Buku Saku Digital Pada Kompetensi Dasar Analisis Hubungan Pelanggan Kelas X Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo “Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran mobile learning dalam bentuk buku saku digital. (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaan mobile learning dalam bentuk buku saku digital. (3) Mengetahui respon peserta didik kelas X pemasaran SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo pada penggunaan media pembelajaran mobile learning dalam bentuk buku saku digital.
Metode penelitian ini mengadopsi teori pengembangan dari Thiagarajaan, Semmel and Sammel yaitu model 4D yang terdiri dari 4 tahap Pendefinisisan (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Namun pada tahap penyebaran tidak dilakukan karena terbatasnya waktu dan biaya. Penelitian ini dilakukan pada 20 peserta didik kelas X Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji telaah dan uji validasi oleh para ahli (Ahli materi, ahli media, ahli bahasa) dan angket respon siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berdasarkan lembar telaah para ahli dan persentase berdasarkan hasil uji validasi para ahli. Hasil dari validasi menunjukan bahwa rata-rata skor dari ahli materi 83%, kelayakan dari media sebesar 96%, kelayakan bahasa sebesar 98,57% dan respon siswa sebesar 95,5%. Secara keseluruhan didapatkan skor sebesar 92,52% yang artinya termasuk dalam kritetria sangat layak.
Kata kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Mobile Learning, Buku Saku Digital
This study study is entitled “Development of Mobile Learning Learning Media in Form of Digital Pocket Books on Basic Competence Analysis of Class X Customer Relationship Marketing at SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo”. The purpose of this study is (1) To describe the development of mobile learning learning media in the form of digital pocket books. (3) Determine the response of studen in class X marketing at SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo on mobile learning media in the form of digital pocket books.
This research method adopts the development theory of Thiagarajan, Semmel and sammel, namely the 4D model wich consists of the defining, design, development and Disseminate. But at the time of installation was not done because of limited time and cost. This research was conducted on 20 students of Class X Marketing at SMK negeri 2 Buduran Sidoarjo. Data collection instruments in this study used a study test and validation by experts (material experts, media experts, linguists) and student questionnaire responses. The data analysis technique in this study uses descriptive analysis based on the expert review sheets and the percantage based on the results of the expert validation test.
The results of the validation showed that the average score of the material experts was 83% the feasibility of the media was 96%, the feasibily of the language was 98,57% and the student respon was 95,5boverall, a score of 92,52 was obtained, wich means that i t was included in the very decent criteria.
Keyword: Development, Learning Media, Mobile learning, Digital pocket book