DEVELOPMENT OF PROBLEM-BASED WORKSHEETS TO IMPROVE SCIENCE LITERACY ABILITY IN GLOBAL WARMING MATERIALS
Literasi sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menganalisis dan menerapkan konsep fisika dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan dari lembar kerja berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi pemanasan global yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kelebihan lembar kerja yang dikembangkan adalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang berisikan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari, dan melatihkan indikator literasi sains PISA 2025. Kekurangannya adalah lembar kerja belum bisa diakses secara digital. Berdasarkan kevalidan lembar kerja yang dinilai dari kedua aspek isi dan konstruksi didapat rata-rata total dari tiga validator sebesar 88,06%. Hasil kepraktisan lembar kerja ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 94,73%, dan angket respon persentase rata-rata sebesar 90,76% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan lembar kerja yang dikembangkan praktis digunakan peserta didik. Hasil peningkatan menunjukkan N-gain 0,60 yang berarti terjadi peningkatan kemampuan literasi sains pada peserta didik dan hasil keefektifan menyatakan kurang efektif dengan persentase sebesar 41,18%. Dapat disimpulkan lembar kerja yang dikembangkan layak digunakan. Dampak dari penelitian yang dilakukan ini adalah kemampuan literasi peserta didik meningkat, dan menghasilkan bahan ajar yang sesuai indikator literasi sains PISA 2025 dan digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, manfaat penelitian adalah kegunaan hasil penelitian, baik bagi kepentingan pengembangan lembar kerja maupun kepentingan ilmu pengetahuan.
Kata kunci: Lembar Kerja, Berbasis Masalah, Literasi Sains
Scientific literacy is an ability that must be possessed by students to analyze and apply physics concepts in solving everyday life problems. This study aims to determine and analyze the feasibility of problem-based worksheets to improve scientific literacy skills in the developed global warming material. The method used is the Research & Development (R&D) method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The advantages of the developed worksheets are using a problem-based learning model that contains real problems in everyday life, and practicing the PISA 2025 scientific literacy indicators. The drawback is that worksheets cannot be accessed digitally. Based on the validity of the worksheet assessed from both content and construction aspects, the total average of the three validators was 88.06%. The results of the practicality of worksheets in terms of the implementation of learning show a percentage of 94.73%, and a questionnaire response average percentage of 90.76% with a very practical category. This shows that the worksheets developed are practically used by students. The results of the increase show an N-gain of 0.60 which means that there is an increase in students' scientific literacy skills and the effectiveness results show that it is less effective with a percentage of 41.18%. It can be concluded that the worksheet developed is feasible to use. The impact of this research is that students literacy skills increase, and produce teaching materials that are in accordance with the PISA 2025 scientific literacy indicators and are used in the learning process. That way, the benefits of research are the usefulness of research results, both for the benefit of developing worksheets and for the benefit of science.
Keywords: Worksheets, Problem-Based, Scientific Literacy