DEVELOPMENT OF MAKE A MATCH TYPE OF LEARNING TOOLS ASSISTED BY WORLDWALL APPLICATIONS ON ASEAN MATERIALS TO IMPROVE CRITICAL THINKING ABILITY OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
ABSTRAK
Hendra, Anang. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tipe Make a Match Berbantu Aplikasi Worldwall Pada Materi Asean Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. dan (II) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd
Kata Kunci: pengembangan type make a match, Worldwall, kemampuan berpikir kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPS dengan materi ASEAN yang menggunakan aplikasi worldwall type make a match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif pada tema Selamatkan Makhluk Hidup. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan Tes kemampuan berpikir kritis.
Dalam penelitian model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah four-D dari Thiagarajan meliputi empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Titik subjek penelitian adalah peserta didik kelas 6 SD Negeri Banjarsugihan II / 117 Kecamatan Tandes Kota Surabaya, uji coba terbatas dilaksanakan pada 6 peserta didik, uji coba luas dilaksanakan pada 20 peserta didik dengan teknik pengumpulan data melalui validasi, observasi angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi.
Berdasarkan hasil uji coba lapangan, hasil validasi RPP 3,42 dari skor maksimal 4; LKPD 3,5 dari skor maksimal 4, dan kemampuan berpikir kritis 84,72 dari skor maksimal 100. Keterbacaan RPP 3,45 dan keterbacaan LKPD 3.0 skor maksimal 4. Pada kepraktisan sebesar 3,5 dengan tingkat pelaksanaan 85% dan keefektifan hasilnya yang signifikan antara skor pre-test dan post-test keterampilan berpikir kritis dengan nilai < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perangkat Pembelajaran Tipe Make a Match Berbantu Aplikasi Worldwall dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik.
ABSTRACT
Hendra, Anang. 2022. Development of Make a Match Type Learning Devices Assisted by Worldwall Applications on Asean Materials to Improve Critical Thinking Ability of Elementary School Students. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (1) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. and (II) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd
Keywords: make a match type development, Worldwall, critical thinking skills
This study aims to develop social studies learning tools with ASEAN materials that use the worldwall type make a match application to improve the critical thinking skills of elementary school students that are valid, practical, and effective on the theme Save Living Creatures. The learning tools developed are in the form of a Learning Implementation Plan (RPP), Student Activity Sheets (LKPD), and a critical thinking ability test.
In the research, the learning device development model used is four-D from Thiagarajan covering four stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The subject of the research was the 6th grade students of SD Negeri Banjarsugihan II / 117 Tandes Subdistrict, Surabaya City, the limited trial was carried out on 6 students, the broad trial was carried out on 20 students with data collection techniques through validation, observation, questionnaires and tests. The results showed that the learning tools developed had high validity, practicality, and effectiveness values.
Based on the results of field trials, the results of the RPP validation were 3.42 from a maximum score of 4; LKPD 3.5 out of a maximum score of 4, and critical thinking skills 84.72 from a maximum score of 100. Readability of RPP 3.45 and legibility of LKPD 3.0 a maximum score of 4. In practicality it is 3.5 with an implementation rate of 85% and the effectiveness of the results is significant between pre-test and post-test scores of critical thinking skills with a value of <0.05.
Based on the results of this study, it can be concluded that the Make a Match Type Learning Tool with the Worldwall Application can improve students' critical thinking skills better.