THE APPLICATION OF COOPERATIVE MODEL TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) IN PRACTICING SOCIAL SKILLS AND STUDENT LEARNING OUTCOMES
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan sosial, peningkatan hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, serta respon peserta didik setelah diterapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Wonoayu dengan jumlah 30 siswa. Indikator keterampilan sosial yang digunakan adalah indikator pada aspek kerja sama, ketegasan berpendapat, tanggung jawab, dan ramah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan sosial peserta didik terlatihkan dengan baik berdasarkan hasil observasi sebesar 72 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dengan N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Keterlaksanaan pembelajaran terlaksana seluruhnya dengan rerata kualitas sebesar 96%. Respon peserta didik sangat baik dengan presentase sebesar 96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan sosial dan hasil belajar peserta didik
This study aims to describe the improvement of social skills, improvement of learning outcomes, learning implementation, and students' responses after applying the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative model. The type of research used is pre-experimental design with One Group Pretest Posttest design. The subjects in this study were students of class VIII-E SMP Negeri 1 Wonoayu with a total of 30 students. The indicators of social skills used are indicators in the aspects of cooperation, assertiveness, responsibility, and friendliness. The results of this study indicate that the average social skills of students are well trained based on the observation results of 72 in the good category. The completeness of students' learning outcomes increased with an N-Gain of 0.71 in the high category. The implementation of learning was fully implemented with an average quality of 96%. The response of students was very good with a percentage of 96%. Based on this, it can be concluded that TGT type cooperative learning can be used to train students' social skills and learning outcomes.