Pembelajaran Mandiri Pada Proses Penulisan Perjalanan Siswa
Self-Directed Learning in the Process of Composing Students' Travel Writing
ABSTRAK
Wardatin, Fajriyah Novi. 2023. Pembelajaran Mandiri dalam Proses Penulisan Perjalanan Siswa. Tesis yang tidak diterbitkan: Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I: (I) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., dan Pembimbing II (II) Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Mandiri, Penulisan Perjalanan, Tujuan Pariwisata, Persepsi Siswa dan Guru
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara menyeluruh bagaimana siswa membuat tulisan perjalanan tentang destinasi wisata yang menarik dengan mendorong model pembelajaran mandiri, memaparkan proses yang dilalui siswa dalam membuat produk tulisan perjalanan dengan cara belajar mandiri, termasuk belajar dengan tutor dan belajar mandiri, serta mengungkap persepsi guru dan siswa terhadap integrasi pembelajaran mandiri di kelas menulis kreatif.
Dari segi penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Dengan mendorong pembelajaran mandiri dan integrasi wisata yang menarik, ini memeriksa aktivitas guru dan siswa di kelas dan pengajaran dan pembelajaran virtual kelas menulis kreatif. Secara khusus, penelitian dilakukan di salah satu Program Studi Sastra Inggris di salah satu Universitas di Surabaya dari Oktober 2021 hingga Desember 2021 dan dari April 2022 hingga Juni 2022. Subjek penelitian adalah kelas menulis kreatif mahasiswa semester lima tahun akademik 2021-2022. Sumber data penelitian ini adalah observasi, transkrip wawancara, dan proyek penulisan perjalanan siswa. Tiga metode digunakan untuk mengumpulkan data, termasuk observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Siswa menyusun proyek penulisan perjalanan tentang tujuan wisata menggunakan dua fase penting: (i) belajar dengan tutor dan (ii) belajar secara mandiri. Untuk pengajaran dengan tutor, prosesnya dimulai dengan belajar dari contoh, membingkai peluang, menyiapkan konsep, mempertahankan inovasi, dan mempraktikkan tema yang dipilih. Pembelajaran secara mandiri merupakan model pembelajaran inovatif yang berhasil menumbuhkan pemikiran kreatif, kemampuan belajar mandiri, dan motivasi siswa. (2) Guru memandang bahwa dengan menggunakan pembelajaran mandiri yang dikombinasikan dengan integrasi pariwisata merupakan sebuah pendekatan inovatif dalam pengajaran bahasa Inggris dan melibatkan siswa dalam pelajaran mereka, terutama dalam mengembangkan kemampuan menulis mereka. Demikian pula dengan apa yang siswa alami dalam penerapan pembelajaran mandiri, siswa bersemangat, termotivasi, dan puas dengan model pembelajaran tersebut dengan mempertimbangkan betapa pentingnya mengintegrasikan destinasi pariwisata dalam kegiatan menulis kreatif. Mereka percaya bahwa mereka mendapatkan pengalaman lingkungan belajar baru, mengenal banyak pembelajaran, dan memiliki pemahaman yang lebih kuat tentang kepekaan budaya mereka. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melakukan pengamatan yang sama, menggunakan beberapa jenis teks, menyoroti keterampilan lain, atau berfokus pada level siswa sangat direkomendasikan untuk dijadikan pertimbangan hasil penelitian yang lebih luas.
ABSTRACT
Wardatin, Fajriyah Novi. 2023. Self-Directed Learning in the Process of Composing Students’ Travel Writing. Unpublished thesis: The Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program, State University of Surabaya. First advisor: (I) Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., and second advisor (II) Dr. Ali Mustofa, S.S., M. Pd.
Keywords: Self-Directed Learning, Travel Writing, Tourism Destinations, Student’s and Teacher’s Perception
This study aims to elaborate thoroughly on how students create travel writing about fascinating tourist destinations by encouraging self-directed learning, to expose the process through which students create travel writing products by self-learning, including tutored learning and independent learning, and to reveal the teacher's and students’ perceptions toward the integration of self-directed learning in creative writing class.
In terms of a descriptive study, this research uses a qualitative design. By encouraging self-directed learning and intriguing tourist integration, it examines teacher and student activities in the classroom and virtual teaching and learning of creative writing classes. In particular, the study is conducted in one of the English Literature Programs at one university in Surabaya from October 2021 through December 2021 and from April 2022 through June 2022. The study's subject is EFL University students' fifth creative writing class during the 2021-2022 academic year. The study's data sources are observation, interview transcripts, and students’ travel writing projects. Three methods are employed to gather data: observation, in-depth interviews, and documentation.
The study findings are as follows: (1) Students composed a travel writing project about tourism destinations employing two significant phases: (i) tutored instruction and (ii) self-learning. For tutored instruction, the process began with learning from samples, framing opportunities, preparing the concept, maintaining the innovation, and practicing the chosen themes. Self-directed learning is an innovative learning model that successfully fosters students' creative thinking, autonomous learning abilities, and motivation. (2) According to the teacher, employing self-directed learning combined with tourism integration is an innovative approach to teaching English and engaging students in their lessons, particularly when it comes to developing their writing abilities. Similar to how students experienced the deployment of self-directed learning, the students were excited, motivated, and satisfied with how significant tourism was included in creative writing activities. They believed they had a lot of new learning experiences, had learned more, and had a stronger understanding of their cultural sensitivity. For the further researcher interested in doing similar observations, using several text types, highlighting other skills, or focusing on student levels are also recommended to be considered for the broader result of the research.