ABSTRAK
PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS AL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS AL QURAN
AL FALAH SURABAYA
Nama : Ubaidillah Alif Alwan
NIM : 14010034009
Program Studi : S1
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. I Ketut Atmaja JA., M.Kes.
Lembaga Kursus Al Quran Al Falah (LKF) Surabaya merupakan lembaga semi otonom dari Yayasan Masjid Al Falah (YMA) Surabaya, LKF Surabaya bergerak dalam bidang keagamaan yakni mengaji dan mengkaji tentang nilai-nilai yang terdapat pada kitab Al Quran dan Al Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan lembaga kursus dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di LKF Surabaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah pengelola, pendidik dan peserta didik Lembaga Kursus Al Quran Al Falah Surabaya. Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan lembaga kursus Al Quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di LKF Surabaya. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Setelah dianalisis data diuji keabsahannya dengan uji kredibilitas (dengan menggunakan perpanjangan, pengamatan, dan triangulasi), dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukan pengelolaan LKF Surabaya dapat dikatakan dikelola dengan baik berdasarkan aspek-aspek dari fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, evaluasi. Pada proses pengelolaan lembaga kursus Al Quran dikaitkan dengan upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pengelolaan mengacu pada pentingya motivasi belajar peserta didik supaya meningkat. Peningkatan motivasi belajar peserta didik, pengelola LKF Surabaya dibantu oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang ahli dalam bidangnya. Program-program yang terdapat di LKF Surabaya dibuat beragam, program tersebut dibagi menjadi dua yakni program kursus dan non kursus, terdapat 18 program kursus pilihan sedangkan dalam program non kursus terdapat 3 kegiatan yakni festival santri, wisata bakti, wisuda dan khataman Al Quran yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya program-program kegiatan berdampak langsung pada antusiasme peserta didik sehingga dalam motivasi belajar meningkat. Hal ini dibuktikan dari jumlah peserta didik yang mengikuti program kursus bertambah di setiap periode Lembaga Kursus Al Quran Al Falah Surabaya.
Kata kunci: Pengelolaan Lembaga Kursus Alquran, Motivasi Belajar
ABSTRACT
THE MANAGEMENT OF QURAN COURSE INSTITUTE TO INCREASE LEARNING MOTIVATION OF STUDENTS IN AL FALAH QURAN COURSE INSTITUTE OF SURABAYA
Name : Ubaidillah Alif Alwan
Study Program : S-1
Department : Non-Formal Education
Faculty : Education
Institution Name : State University of Surabaya
Preceptor : Dr. I Ketut Atmaja JA., M.Kes
Al Falah Quran Course Institute of Surabaya (LKF) is semi-autonomous institute of Al Falah Mosque foundation, LKF Surabaya is a spiritual movement that are reciting and learning about Quran and Hadith values. The aim of this research are describing and analyzing the management of course institute in improving learn motivation of the LKF’s student.
The researcher used descriptive qualitative approach with the data collecting technique are interview, observation and documentation. The subject of this research are managers, tutors and the students of LKF Surabaya. The research focus is management of course institute in improving learn motivation of the LKF’s student. The data analyzed by collecting data, reducting data, verifying and concluding. After analyzing, the data be examined the validity by credibility test (used the prolong engagement and triangulation), dependability and confirmability.
The result of this research showed that the management of LKF Surabaya has good management based on the aspects of management function, that are planning, organizing, actuating, developing and evaluating. The management is related of increasing the students learning motivation effort. The learning motivation of students are increasing by the LKF Surabaya managers with helped by the professional tutors and education administrator. LKF Surabaya has many programs that divided by two types, such as course program and non-course program. There are 18 kinds of course programs and 3 kinds of non-course program that are student festival, social responsibility, and graduation that followed by students accorded by their needs. The impact of the programs is increasing the enthusiasm of students so that their learning motivation also increase. It is proved by amount of the students who followed the course program keep on increasing in every period.
Keywords: Management of Quran Course Institute, Learning Motivation