ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA PADA PEMBELAJARAN POST PANDEMIC COVID-19
ANALYSIS OF STUDENTS COMMUNICATION AND COLLABORATION SKILL IN POST PANDEMIC COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan komunikasi dalam pembelajaran post pandemic COVID-19, (2) kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran post pandemic COVID-19.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu siswa kelas XI program keahlian kuliner SMKN 1 Lamongan yang meliputi identitas diri responden, kemampuan komunikasi, dan kemampuan kolaborasi. Validasi instrumen melibatkan judgement expert yaitu Dosen Unesa. Instrumen yang digunakan untuk kemampuan komunikasi dan kolaborasi yaitu angket. Adapun teknik analisis data dilakukan menggunakan pendekatan analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan komunikasi siswa SMKN 1 Lamongan pada pembelajaran post pandemic COVID-19 secara keseluruhan berada pada kategori sedang yaitu sebesar 62%, (2) kemampuan kolaborasi siswa SMKN 1 Lamongan pada pembelajaran post pandemic COVID-19 secara keseluruhan berada pada kategori sedang yaitu sebesar 54%.
This study aims to find out: (1) communication skills in learning post pandemic COVID-19, (2) student collaboration skills in learning post pandemic COVID-19.
The type of research used in this study is quantitative research with a descriptive approach. The source of data in this study is primary data, namely grade XI students of the culinary expertise program of SMKN 1 Lamongan which includes respondents' self-identity, communication skills, and collaboration skills. Instrument validation involves expert judgement, namely Unesa lecturers. The instrument used for communication and collaboration skills is the questionnaire. Any data analysis techniques are carried out using a quantitative descriptive statistical analysis approach.
The results showed: (1) the communication ability of SMKN 1 Lamongan students in post-pandemic COVID-19 learning as a whole was in the medium category of 62%, (2) the collaboration ability of SMKN 1 Lamongan students in post-pandemic COVID-19 learning as a whole was in the medium category of 54%.