Pengembangan media pembelajaran Virtual Box untuk mengukur kelayakan modul pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran menggunakan Virtual Box pada penerapan materi instalasi sistem operasi. (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi sistem operasi menggunakan media Virtual Box lebih tinggi dari tanpa menggunakan Virtual Box.
Model pengembangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pengembangan ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dengan metode penelitiannya Quasi Experemin dimana subjek yang digunakan untuk kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen diambil secara utuh dalam satu kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ SMKN 7 Surabaya.
Berdasarkan dari pengolahan data diperoleh rata-rata hasil belajar dari ranah kognitif kelas kontrol 31.56 dan rata-rata kelas eksperimen 31.43 dengan nilai sig = 0.0977 > 0.05 yang menunjukkan bahwa H0 diterima dengan kata lain H1 di tolak, Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Virtual Box berbantuan Modul dengan menggunakan media pembelajaran PC berbantuan modul. Sedangkan hasil dari ranah psikomotorik diperoleh rata-rata kelas kontrol 29.98 dan rata-rata kelas eksperimen 33.22 dengan nilai sig 0.468 > 0.05 maka H0 diterima, Sehingga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan, dengan kata lain hasil belajar menggunakan media pembelajaran Virtual Box berbantuan modul tidak lebih baik daripada menggunkan media PC (personal computer) dengan berbantuan modul.
The development of Virtual Box learning media is used to measure the feasibility of modules in computer subjects and basic networks. It aims to (1) Know the feasibility of learning modules using Virtual Box on the application of operating system installation material. (2) Knowing student learning outcomes in operating system installation subjects using Virtual Box media higher than without using Virtual Box.
The research development model used in this study is the ADDIE development model, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. With the research method, Quasi Experiments where the subjects used for the control group and the experimental group were taken as a whole in one class. The subjects in this study were students in class X TKJ 7 of Surabaya Vocational High School.
Based on the processing of data obtained the average learning outcomes of the cognitive for control class 31.56 and the average experimental class 31.43 with the sig value = 0.0977>0.05 which indicates that H0 is accepted in other words H1 is rejected, So there is no significant difference in learning outcomes students using Module Assisted Virtual Box learning using module assisted PC learning media. While the results of the psychomotor domain were obtained by the control class average of 29.98 and the experimental class average of 33.22 with the sig value of 0.468>0.05 then H0 was accepted, thus indicating that there were no significant differences, in other words learning outcomes using module assisted Virtual Box learning media no better than using a media PC (personal computer) with assisted modules.