Pengembangan E-Modul pada Materi Pembuatan Pola Blus di Kelas X SMKN 1 Kudus
E-modul merupakan suatu bentuk penyajian bahan ajar mandiri yang dirancang untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dalam kegiatan praktik pembuatan pola blus. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan tingkat validitas pembuatan e-modul pada elemen dasar pola sub materi pembuatan pola blus di kelas X jurusan tata busana SMKN 1 Kudus, 2) Mendeskripsikan proses pembuatan e-modul pada elemen dasar pola sub materi pembuatan pola blus di kelas X jurusan tata busana SMKN 1 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Delopment (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMKN 1 Kudus. Instrumen yang digunakan yakni instrumen lembar penilaian validitas e-jobsheet oleh 2 validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan tingkat validitas e-modul pembuatan pola blus pada siswa kelas X SMKN 1 Kudus Jurusan Tata Busana diperoleh hasil rata-rata sebesar 3,29 dengan kategori sangat valid oleh ahli media dan rata-rata sebesar 3,93 dengan kategori sangat valid ahli materi. Hasil tersebut didapatkan dengan melalui sedikit perbaikan atau revisi sesuai dengan saran dari validator yakni terkait dengan detail materi dan juga layout dari e- modul tersebut.
Kata Kunci : pengembangan, e-modul, media pembelajaran, pola blus
E-module is a form of independent learning material designed to assist students in achieving learning objectives in blouse pattern making practical activities. The objectives of this study are 1) to describe the validity level of the e-module development process on basic pattern elements, a sub-topic of blouse pattern making, in class X fashion design department at SMKN 1 Kudus, and 2) to describe the e-module development process on basic pattern elements, a sub-topic of blouse pattern making, in class X fashion design department at SMKN 1 Kudus. This research is a Research and Development (R&D) study using the ADDIE model. The study was conducted in the second semester of the 2023/2024 academic year at SMKN 1 Kudus. The instruments used were a validity assessment sheet for e-jobsheets by 2 expert validators, namely a media expert and a subject matter expert. The data analysis technique used in this research is quantitative descriptive analysis. The research results show that the validity level of the blouse pattern making e-module for class X students at SMKN 1 Kudus, Fashion Design Department, obtained an average score of 3.29, categorized as very valid by the media expert, and an average score of 3.93, categorized as very valid by the subject matter expert. These results were obtained with slight improvements or revisions based on the validators' suggestions, particularly regarding the material details and layout of the e-module.
Keywords: development, e-module, instructional media, blouse pattern.