ABSTRAK
Kuki, Agustina Dua.
2023. Pengembangan Modul Ajar Model Argument Driven Inquiry (ADI)
Berkonteks Socioscientific Issue (SSI) Untuk Meningkatkan Keterampilan
Argumentasi Peserta Didik pada Sub-Topik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju
Reaksi. Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (I)
Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd.
Kata-kata Kunci : Argument-Driven
Inquiry, Socioscientific Issue , Argumentasi ilmiah, laju reaksi,
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi.
Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Ajar Kimia model Argument Driven
Inquiry berkonteks Socioscientific Issue yang valid, praktis dan
efektif untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Modul Ajar
yang dikembangkan merupakan Modul Ajar Kimia Fase F Kurikulum Merdeka yang
dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Handout , dan
Asesmen untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian
pengembangan ini mengacu pada model Four-D (4D) yaitu Define , Design ,
Develop, dan Disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan et
al ., (1974). Validitas modul ajar yang dikembangkan ditentukan berdasarkan
hasil validasi 3 validator ahli. Kepraktisan modul ajar ditinjau berdasarkan
keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, hambatan serta respon
peserta didik terhadap penggunaan komponen modul ajar. Keefektifan modul ajar
ditinjau berdasarkan peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik dan
respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran. Kepraktisan modul ajar ditinjau
berdasarkan keterlaksaan pembelajaran. Uji coba Modul Ajar dilakukan menggunakan
one group pretest-posttest design yang diimplementasikan pada peserta
didik Kelas XI MIPA dan kelas XII MIPA di SMA Negeri 4 Surabaya. Data hasil
penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) validitas Modul Ajar yang dikembangkan
dinyatakan sangat valid dengan kesesuaian penilaian antar validator sebesar
93%.; 2) modul ajar praktis digunakan dalam pembelajaran ditinjau berdasarkan hasil
keterlaksanaan pembelajaran secara umum terlaksana dengan baik berdasarkan
penilaian observer dengan skor modus 3; aktivitas peserta didik didominasi oleh
aktivitas relevan >80%; respon positif peserta didik terkait kemudahan
penggunaan modul ajar >70% tergolong praktis; 3) Modul ajar dinyatakan efektifitf
ditinjau berdasarkan peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik pada
kategori sedang berdasarkan skor N-gain. Konsistensi peningkatan keterampilan
argumentasi dikaji berdasarkan uji statistic menggunakan Mann-Whitney. Hasil
uji statistik menunjukkan nilai p-value N-gain peningkatan keterampilan
argumentasi sebesar 0,236>0,05 yang berarti terdapat pengaruh
penggunaan modul ajar dalam meningkatan keterampilan argumentasi peserta didik.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar model ADI
berkonteks SSI dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan
dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik.