ABSTRAK
Lailatul
Maghfiroh. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Melalui Model Pembelajaran Problem Based learning Pada Siswa Kelas IV
MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo. Tesis, jurusan Pendidikan Dasar Pasca Sarjana
Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing (I) Dr. Suhanadji, M.Si, (II) Dr. Totok Suyanto, M. Pd
Kata
kunci : Berpikir kritis, hasil belajar, Problem
Based learning
Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan berpikir
kritis dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo
dalam mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan persentase belajar siswa yang
mencapai 48,27% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah proses belajar mengajar
yang monoton dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Solusi
permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan model pembelajaran Problem
Based learning untuk diterapkan pada prose belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan berfikir kritis siswa kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku
melalui model Problem Based Learning di MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo. 2) Untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Tema Indahnya
Keragaman di Negeriku melalui model Problem
Based Learning di MINU Kedungrejo
Waru Sidoarjo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Model penelitian Kurt Lewin terdiri
dari 4 tahap yaitu : perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi.subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA MINU Kedungrejo Waru
Sidoarjo tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah 29 siswa, terdiri dari 15
siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumoulan data menggunakan
observasi dan tes.
Hasil belajar penelitian ini sebagai berikut : 1)Persentase hasil belajar siswa dari siklus I
dan siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 55,17% sedangkan
siklus II mencapai 86,20%. 2) pada siklus II, kemampuan berpikir kritis siswa
mengalami peningkatan dengan dibuktikan dengan pemerolehan kategori rendah
lebih sedikit dari siswa yang memperoleh kategori tinggi. Dari hasil penelitian
tersebut, penelitian ini dapat dinyatakan berhasil karena sudah mencapai
kriteria yang ditetukan penelitian.
ABSTRACT Lailatul Maghfiroh. 2018. Improving Critical Thinking Ability and Learning Outcomes Through Learning Model Problem Based Learning in Class IV MINU Kedungrejo Waru Students Sidoarjo. Thesis, majoring in Postgraduate Basic Education, Surabaya State University. Advisor (I) Dr. Suhanadji, M.Sc, (II) Dr. Totok Suyanto, M. Pd Keywords: Critical thinking, learning outcomes, Problem Based learning This research was conducted because of the lack of critical thinking skills and the low learning outcomes of class IV students of MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo in social studies. It is proven by the percentage of student learning that reaches 48.27% of students who complete. The reason is that the learning process is monotonous and does not use varied learning models. The solution to this problem is that researchers offer to use the Problem Based Learning learning model to be applied to the teaching and learning process. The purpose of this study is 1) To describe the improvement of critical thinking skills of fourth grade students on the theme of the beauty of diversity in my country through the Problem Based Learning model at MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo. 2) To describe the improvement in learning outcomes of fourth grade students on the theme of the beauty of diversity in my country through the Problem Based Learning model at MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo. This study is a classroom action research (CAR) that uses Kurt Lewin's research model. Kurt Lewin's research model consists of 4 stages, namely: planning, implementing actions, observing, and reflecting. The subjects of this study were IVA students at MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo 2018-2019 with 29 students, consisting of 15 male students and 14 students. female student. Data pengumoulan technique uses observation and tests.
The study results of this study are as follows: 1) The percentage of student learning outcomes from the first cycle and second cycle experienced an increase, in the first cycle reached 55.17% while the second cycle reached 86.20%. 2) in the second cycle, students' critical thinking skills experienced an increase as evidenced by the acquisition of lower categories than students who obtained high categories. From the results of these studies, this study can be declared successful because it has reached the criteria determined by the study.