Kholis , Nur . 20 18 . Kontribusi Literasi
Digital, Literasi Informasi, d an Berpikir Kreatif
Terhadap Kompetensi Elektronika Digital Siswa SMK Pada Kompetensi Keahlian
Teknik Elektro . Disertasi , Program Studi Pendidikan Vokasi ,
Pascasarjana, U niversitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Suprianto, M.T . dan (II) Prof. Dr. Munoto , M.Pd.
Kata-kata Kunci: literasi digital, literasi informasi,
berpikir kreatif, kompetensi elektronika digital, validitas, reliabilitas,
structural equation modelling, goodness of fit.
Penelitian
ini bertujuan : (1) m enganalisis dan
mensintesis tingkat kontribusi antara literasi digital secara langsung terhadap kompetensi
elektronika digital , (2) tingkat kontribusi antara literasi informasi secara langsung terhadap kompetensi
elektronika digital , (3) tingkat kontribusi antara literasi digital secara langsung terhadap berpikir kreatif, (4)
tingkat kontribusi antara literasi
informasi secara langsung terhadap berpikir kreatif, (5) tingkat kontribusi antara
berpikir kreatif secara langsung terhadap kompetensi elektronika digital , (6) tingkat
kontribusi antara literasi
digital secara tidak langsung terhadap kompetensi elektronika , dan (7) tingkat kontribusi antara literasi informasi secara tidak
langsung terhadap kompetensi
elektronika digital pada siswa SMK di wilayah Jawa Timur .
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto , yakni gabungan sebab-akibat
yang tidak dilakukan perubahan atau perlakuan oleh peneliti. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kausal . Jumlah populasi 24 sekolah yakni SMKN
dan SMKS di wilayah Jawa Timur, jumlah sampel yang digunakan 836 siswa.
Sejalan dengan tujuan, diperoleh hasil penelitian: (1) literasi digital memiliki
kontribusi secara signifikan dan positif terhadap kompetensi elektronika digital, telah dibuktikan pada nilai p-value 0,03 5< 0,10 dan nilai Path coefficient 0,0 8 7 , (2) literasi informasi memiliki kontribusi secara signifikan dan positif terhadap kompetensi elektronika digital , telah dibuktikan nilai p-value 0, 098< 0,10 dan nilai Path coefficient sebesar 0,068, (3) literasi
digital memiliki kontribusi secara
signifikan dan positif terhadap berpikir kreatif , telah dibuktikan nilai p-value
0, 003< 0,10 dan nilai Path coefficient sebesar
0,051 , (4) literasi informasi memiliki kontribusi secara signifikan dan positif terhadap berpikir kreatif , telah dibuktikan pada nilai p-value 0, 077< 0,10 dan nilai Path coefficient sebesar
0,0 72, (5) berpikir kreatif memiliki kontribusi secara signifikan dan positif terhadap kompetensi elektronika
digital , telah dibuktikan pada nilai p-value 0, 005< 0,10 dan nilai Path coefficient sebesar
0,097 , (6) l iterasi digital berkontribusi signifikan terhadap kompetensi Elektronika Digital melalui
berpikir kreatif, hal ini dibuktikan dari nilai P-Value
0,062<0,10, dan (7) l iterasi informasi berkontribusi signifikan terhadap kompetensi
Elektronika Digital melalui berpikir kreatif, hal ini dibuktikan nilai P-Value 0,085<0,10, dengan nilai koefisien jalur 0,007. Sedangkan
model dan data selaras dibuktikan dengan nilai RSMR 0.058<0.080, GoF
menghasilkan 0.076 tergolong Gof kecil.