Pengembangan Buku Panduan Pengelolaan Website Sekolah di SMP Negeri 15 Mataram
Development of School Website Management Guidebook at SMP Negeri 15 Mataram
Website sekolah merupakan salah satu strategi atau teknik untuk mengkomunikasikan segala informasi sekolah dengan lebih mudah, efektif, dan efisien. Namun, di SMP Negeri 15 Mataram hal tersebut belum mencapai sesuai dengan harapan karena kurangnya pemahaman SDM di sekolah untuk menggunakan website sekolah dengan optimal SMP Negeri 15 Mataram. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku panduan pengelolaan website sekolah sebagai solusi masalah yang dihadapi oleh sekolah khususnya SMP Negeri 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yang dikemukakan oleh Reiser dan Mollanda (1967) dengan melewati lima tahapan yaitu, analisis kebutuhan, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat validasi ahli materi sebesar 96% dan hasil validasi ahli media 92% dengan kriteria sangat tinggi, sehingga layak untuk diuji cobakan. Adapun hasil uji coba kelompok kecil sebesar 96,19% dan uji coba kelompok besar 88,36% yang termasuk dalam kategori sangat baik untuk digunakan. Adapun hasil uji coba pengguna yaitu sebesar 98,21% dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai pedoman pengelolaan website sekolah.
Kata Kunci: Pengembangan, Pengelolaan Website, Buku Panduan, Model ADDIE
A school website is a strategy or technique for communicating all school information more easily, effectively and efficiently. However, at SMP Negeri 15 Mataram this has not reached expectations due to a lack of understanding of human resources in the school to use the school website optimally at SMP Negeri 15 Mataram. Therefore, the aim of this research is to develop a guidebook for managing school websites as a solution to problems faced by schools, especially SMP Negeri 15 Mataram. This research uses the research and development method of the ADDIE model proposed by Reiser and Mollanda (1967) by going through five stages, namely, needs analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of this research show that the material expert validation level is 96% and the media expert validation results are 92% with very high criteria, so it is worth testing. The results of small group trials were 96.19% and large group trials were 88.36%, which is included in the very good category for use. The user test results were 98.21% with the category very suitable for use as a guide for managing school websites.
Keywords: Development, Website Management, Guidebook, ADDIE Model