ANALISIS DAN PREDIKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA
ANALYSIS AND PREDICTION OF STUDENT MISCONCEPTION IN PARABOLIC MOTION CONCEPT
Miskonsepsi merupakan salah satu masalah yang harus diantisipasi karena dapat menganggu proses pembelajaran siswa. Salah satu mata pelajaran yang memiliki persentase miskonsepsi cukup tinggi adalah Fisika. Berbagai bentuk tes diagnostik telah dikembangkan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa tersebut. Untuk menemukan bentuk tes yang sesuai dengan sebuah konsep Fisika, maka konsep tersebut perlu dianalisis terlebih dahulu serta memprediksi miskonsepsi yang mungkin ada di dalamnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep Gerak Parabola dan memprediksi bagian dari konsep tersebut yang berpotensi menyebabkan miskonsepsi pada siswa. Alasan konsep Gerak Parabola dipilih adalah karena konsep tersebut merupakan bagian dari konsep Kinematika Gerak benda yang memiliki persentase miskonsepsi cukup tinggi berdasarkan penelitian sebelumnya. Penelitian menggunakan metode literature review yang dilakukan dengan dua tahap yakni, tahap pertama menganalisis konsep Gerak Parabola melalui beberapa buku dan tahap kedua memprediksi miskonsepsi pada konsep tersebut dengan memperhatikan penyebab dari miskonsepsi itu sendiri. Hasil penelitian ditemukan 7 sub-konsep dalam konsep Gerak Parabola yang 5 diantaranya diprediksi akan menyebabkan miskonsepsi pada siswa yakni kombinasi komponen gerak sumbu x dan sumbu y, arah percepatan objek, pengaruh massa pada besar perpindahan total, pengaruh besar kecepatan awal dengan lama objek dalam lintasan serta nilai kecepatan dan percepatan objek pada titik tertinggi lintasan.
Misconception is one of the problems that must be anticipated because it can disrupt the learning process of students. One of the subject that has a high percentage of misconceptions is Physics. Various forms of diagnostic tests have been developed to identify students' misconceptions. To find a form of test that matches a Physics concept, the concept needs to be analyzed first and predicting misconceptions that may be in it. Therefore, this study aims to analyze the concept of Parabolic Motion and predict parts of the concept that have the potential to cause misconceptions in students. The reason the Parabolic Motion concept was chosen is because the concept is part of the Motion Kinematics concept of objects which have a high percentage of misconceptions based on previous research. The research uses literature review method which is carried out in two stages, the first stage analyzes the concept of Parabolic Motion through several books and the second stage predicts the misconception on that concept by considering the causes of the misconception itself. The results found 7 sub-concepts in the Parabolic Motion concept, 5 sub-concepts are predicted to cause misconceptions in students including the combination of x-axis and y-axis motion components, the direction of acceleration of objects, the effect of mass on the total displacement, the influence of initial velocity with the length of the object in the path and the speed and acceleration value of the object at the highest point of the path.