Basuki. 2023. Pengaruh Station
Rotation Model dan Gaya Kognitif terhadap Self- Regulated Learning , Keterampilan
Kolaboratif, dan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII
Di Bojonegoro. Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (2) Dr. Fajar Arianto, M.Pd
Kata kunci: station rotation model , gaya kognitif, self-regulated learning , keterampilan kolaboratif, berfikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, (1) pengaruh station
rotation model terhadap
self regulated learning,
(2) pengaruh station rotation
model terhadap keterampilan kolaboratif, (3) pengaruh station rotation model terhadap
kemampuan berpikir kritis,
(4) pengaruh gaya kognitif terhadap
self regulated learning,
(5) pengaruh gaya kognitif
terhadap keterampilan kolaboratif, (6) pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis, (7)
interaksi antara station rotation model dan gaya kognitif terhadap self regulated
learning, dan (8) interaksi antara station
rotation model dan gaya
kognitif terhadap keterampilan kolaboratif, dan (9) interaksi antara station rotation
model dan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir
kritis.
Desain penelitian menggunakan eksperimen
kuasi versi factorial 2 x 2 dengan nonequivalent
kontrol group. Subjek penelitian melibatkan sebanyak 128 peserta didik kelas VII SMP di Bojonegoro. Subjek dipilah
menjadi dua, kelompok eksperimen sebanyak 64
peserta didik dan kelompok control 64
peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan tes berpikir kritis, gaya kognitif, self-regulated learning, dan
keterampilan kolaboratif. Teknik analisis
data menggunakan MANOVA
dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) station rotation model berpengaruh terhadap self-regulated learning peserta
didik kelas VII SMP di Bojonegoro, (2) station rotation model berpengaruh
terhadap keterampilan kolaboratif peserta didik kelas VII SMP di Bojonegoro, (3) station rotation model berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP di Bojonegoro, (4) Gaya kognitif
berpengaruh terhadap self-regulated
learning peserta didik kelas VII
SMP di Bojonegoro, (5) Gaya
kognitif berpengaruh terhadap keterampilan kolaboratif peserta didik
kelas VII SMP di Bojonegoro, (6) Gaya kognitif
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP di Bojonegoro, (7) terdapat interaksi
antara station rotation model dan gaya kognitif terhadap
self-regulated learning peserta didik kelas VII SMP di Bojonegoro, (8) terdapat interaksi antara station
rotation model dan gaya kognitif terhadap keterampilan kolaboratif peserta didik kelas VII SMP di Bojonegoro, dan (9) terdapat
interaksi antara station rotation model dan gaya kognitif terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas
VII SMP di Bojonegor o