ANALISIS MATERI DALAM APLIKASI DEUTSCH HӦREN & LESEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN KELAS X
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis isi pada aplikasi Deutsch Hӧren & Lesen sebagai sarana pembelajaran bahasa Jerman untuk kelas X. Data yang disarikan dari aplikasi Deutsch Hӧren & Lesen berbasis Android game yang berisi materi A1 sampai dengan B2 dengan tema yang berbeda berupa soal dan audio.Data yang digunakan adalah materi A1 dengan 14 tema. Namun, aplikasi Deutsch Hӧren & Lesen perlu disesuaikan dengan Kurikulum 2013 untuk dijadikan sebagai acuan pembelajaran sesuai kriteria pembelajaran dalam media dan pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini mengambil rumusan masalah apakah materi bahasa Jerman pada aplikasi Deutsch Hӧren & Lesen sesuai dengan keterampilan menyimak kelas X semester 1. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, teknik analisis yang digunakan yaitu analisis konten atau analisis isi dengan menggunakan teori media pembelajaran, teori kesesuaian materi, teori bahan ajar audio dan Kurikulum 2013. Hasil analisis menjelaskan secara rinci bahwa aplikasi Deutsch Hӧren & Lesen dengan topik Ich bin Tom, Struppi, Marie und Ihre Familie sangat sesuai dengan Kurikulum 2013 dan memiliki persentase skor 96% dan kriteria pemilihan media memiliki persentase skor 91%.
Kata Kunci: Aplikasi Deutsch Hӧren & Lesen, Media Pembelajaran, Materi
This study uses a qualitative method with literature study which aims to describe the results of content analysis in the Deutsch Hӧren & Lesen application as a means of learning German for class X. The data is extracted from the Deutsch Hӧren & Lesen application based on Android games containing material A1 to B2. with different themes in the form of questions and audio. The data used is A1 material with 14 themes. However, the Deutsch Hӧren & Lesen application needs to be adapted to the 2013 Curriculum to be used as a learning reference according to the learning criteria in Indonesian media and education. Therefore, this article takes the formulation of the problem whether the German language material in the Deutsch Hӧren & Lesen application is in accordance with the listening skills of class X semester 1. The data obtained is then analyzed, the analytical technique used is content analysis or content analysis using learning media theory, material suitability theory, audio teaching material theory and 2013 Curriculum. The results of the analysis explain in detail that the application of Deutsch Hӧren & Lesen to the topics of Ich bin Tom, Struppi, Marie und Ihre Familie is very much in accordance with the 2013 Curriculum and has a percentage score of 96% and media selection criteria has a percentage score of 91%.
Keywords : Deutsch Hӧren & Lesen Application, Learning Media, Materials