Berbicara tentang keterampilan membaca dan menulis, siswa mungkin mengalami kesulitan dalam menguasainya. Beberapa siswa mungkin memiliki masalah yang berbeda seperti kurangnya kosa kata dan latar belakang pengetahuan yang dapat menyulitkan mereka dalam memahami dan menulis teks. Selain itu, masalah lain, seperti cara guru dalam pembelajaran mengajar juga dapat dianggap sebagai salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, guru sebagai fasilitator harus memilih metode, pendekatan, atau teknik yang tepat yang dapat membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran, khususnya dalam memahami dan menulis teks. Salah satu caranya adalah dengan menggabungkan berbagai macam metode dalam pengajaran pembelajaran atau disebut dengan Metode Eklektik. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang penggunaan metode eklektik untuk mengajar teks recount kepada siswa kelas sepuluh sekolah menengah atas. Selanjutnya, metode eklektik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Ilmiah dan Pembacaan dan Komposisi Koperasi Terpadu.
Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan penerapan metode eklektik untuk mengajarkan teks recount, pemahaman membaca siswa dan kemampuan menulis selama penerapan metode eklektik dan respon siswa terhadap penerapan metode eklektik. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Ada 19 siswa sebagai peserta dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan catatan lapangan, rubrik pemahaman membaca, rubrik penulisan dan pedoman wawancara sebagai instrumen. Peneliti mengamati proses belajar mengajar dalam tiga pertemuan. Dalam menganalisis data, peneliti menganalisis tahapan guru ketika menerapkan metode eklektik berdasarkan pengamatan. Kemudian, pemahaman membaca dan tugas menulis siswa dianalisis berdasarkan pada rubrik pemahaman membaca dan rubrik penulisan. Selanjutnya, respons siswa dianalisis berdasarkan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eklektik untuk mengajarkan teks recount sudah sesuai dengan tahapannya. Selanjutnya, untuk keterampilan membaca, itu menunjukkan bahwa siswa dapat memahami teks yang diberikan. Sementara dalam keterampilan menulis, ia bisa membantu beberapa siswa. Namun, berdasarkan tanggapan siswa, secara umum, mereka masih memberikan tanggapan positif. Mereka mengatakan bahwa itu dapat memperkuat solidaritas, bekerja sama dengan orang lain, melatih keterampilan mereka baik dalam membaca dan menulis dan juga memperkaya pengetahuan mereka. Selain itu, ini juga melatih tanggung jawab siswa terhadap peran mereka baik dalam tugas kelompok maupun individu. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan metode ini, siswa dapat memperoleh soft skill dan hard skill.
Talking about reading and writing skill, students might have difficulties to master it. Some of the students might have different problems such as lacking of vocabulary and background knowledge that can complicate them in comprehending and composing text. Moreover, another problem, such as the teachers’ way in the teaching learning might also be considered as one of the causes. Therefore, the teacher as the facilitator should choose the appropriate method, approach or technique that can make the students easier to understand the lesson, particularly in comprehending and composing text. One of the ways is by combining various kinds of methods in teaching learning or called as Eclectic Method. This problem encourages the researcher to conduct a research about the use of eclectic method to teach recount text to tenth graders of senior high school. Furthermore, the eclectic methods used in this research are Scientific Approach and Cooperative Integrated Reading and Composition.
This study was conducted to describe the implementation of eclectic method to teach recount text, the students’ reading comprehension and writing ability during the implementation of the eclectic method and the students’ responses towards the implementation of the eclectic method. The design of this study was a descriptive qualitative design. There were 19 students as the participants in this study. The researcher used field notes, rubric of reading comprehension, rubric of writing and interview guidelines as the instrument. The researcher observed the teaching learning process in three meetings. In analyzing the data, the researcher analyzed the teacher’s stages when implementing the eclectic method based on the observation. Then, students’ reading comprehension and writing task were analyzed based on the reading comprehension rubric and the writing rubric. Next, students’ responses were analyzed based on the result of the interview. The result showed that the implementation of the eclectic method to teach recount text was in accordance with its stages. Furthermore, for reading skill, it showed that the students could understand the text given. While in writing skill, it could only assist some students. However, based on the students’ responses, in general, they still gave positive responses. They said that it could strengthen the solidarity, cooperate with others, train their skill both in reading and writing and also enrich their knowledge. Furthermore, it also trains students’ self-responsibility towards their roles both in group or individual task. Therefore, it can be said that by using this method, students could gain both the soft skill and hard skill.