Literasi Keuangan dalam Kegiatan Market Day di SDIT At-Taqwa Surabaya
Literasi keuangan adalah kemampuan dasar dalam mengelola keuangan yang harus diajarkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan market day di SDIT At-Taqwa Surabaya, hambatan dan solusi, serta penanaman literasi keuangan dalam kegiatan tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, serta orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan market day merupakan suatu kegiatan jual beli oleh siswa yang dilakukan setahun sekali selama dua bulan pada awal semester genap. Kegiatan ini membiasakan siswa untuk menggunakan kemampuan literasi keuangan. Kegiatan market day menjadi wadah bagi siswa untuk belajar berwirausaha dan dapat menanamkan kemampuan literasi keuangan pada siswa.
Kata Kunci: literasi keuangan, siswa, market day
Financial literacy is a basic ability to manage finances that must be taught from an early age. This study aims to determine the implementation of market day activities at SDIT At-Taqwa Surabaya, obstacles and solutions, as well as inculcating financial literacy in these activities. This research includes qualitative descriptive research. The research subjects chosen were school principals, vice principals, teachers, students, and parents of students. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The results showed that market day activity is a buying and selling activity by students which is carried out once a year for two months at the beginning of the even semester. This activity familiarizes students with using financial literacy skills. Market day activities are a place for students to learn entrepreneurship and can instill financial literacy skills in students.
Keywords: financial literacy, students, market day