Penelitian evalusi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan keefektifan pelaksanaan layanan dasar di SMA Negeri se- Kecamatan Tuban. Penelitian evalusai dilakukan pada layanan dasar yang terdiri dari layanan bimbingan klasikal dan layanan bimbingan kelompok. Evaluasi ini dilaksanakan di SMA Negeri se-Kecamatan Tuban. Hasil dari penelitian evaluasi ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan layanan dasar di SMA Negeri se-Kecamatan Tuban cukup terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun. Dikatakan cukup terlaksana karena yang terlaksana sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun adalah layanan bimbingan klasikal sedangkan untuk layanan bimbingan kelompok masih belum terlaksana dengan baik karena belum terlaksana sesuai dengan rencana yang telah disusun. Selanjutnya hasil dari pelaksanaan layanan dasar di SMA Negeri se-Kecamatan Tuban sudah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam rencana kegiatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta didik menjadi lebih positif.Kata Kunci : evaluasi, layanan dasar, bimbingan klasikal, bimbingan kelompok
This evaluation research is conducted to discuss about the implementation and effectiveness of guidance curriculum in of all state high school in Tuban sub-district. The evaluation research is carried out on guidance curriculum consisting of classroom guidance service and group guidance service. This evaluation is done in of all state high schools in Tuban sub district. The results of this evaluation research shows that the implementation of guidance curriculum in of all state high school in Tuban sub-district quite accomplished according to action plan that have been prepared. It’s quite accomplished because the service who suitable with action plan that have been prepared is classroom guidance service while for group guidance service still not done well because not implemented acording to the action plan that have been prepared. And then the result of implementationof guidance curriculum in state high school in Tuban sub-district in accordance with the objectives set in action plan. The alteration of student’s attitude become more positive.Keywords : evaluation, guidance curriculum, classroom guidance, group guidance service