ABSTRAK
Nama Mahasiswa : Dina Lowrentza Agustin
NIM : 15020134027
Program Studi : S1 Pendidikan Sendratasik
Jurusan : Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Enie Wahyuning Handayani, M.Si
Tahun : 2019/2020
Upaya penyaluran bakat dan minat siswa terhadap seni bernyanyi pada paduan suara Enharmonic Singers SMA Negeri 1 Pandaan membuahkan hasil berupa prestasi-prestasi yang telah diraih para alumninya. Paduan suara yang berdiri sejak 2010 ini aktif dalam berbagai kegiatan seperti workshop, dan lomba. Tahun 2019, anggota tim disiapkan untuk berpartisipasi sebagai peserta LPS UGM 2019. Dalam hal ini peserta wajib menyanyikan lagu sesuai dengan tema acara. Mengusung tema “Memori Masa Muda”, paduan suara ini diwajibkan untuk menyanyikan lagu berjudul Rindu Lukisan yang diaransemen dalam format paduan suara SATB. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan proses pembelajaran sebagai bentuk persiapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran lagu rindu lukisan pada paduan suara Enharmonic Singers SMA Negeri 1 Pandaan dalam rangka LPS UGM 2019 dan hasil belajar lagu rindu lukisan pada paduan suara Enharmonic Singers SMA Negeri 1 Pandaan dalam rangka LPS UGM 2019. Manfaat penelitian ini adalah untuk dapat dijadikan sebagai acuan peneliti lain yang berhubungan dengan pembelajaran lagu rindu lukisan pada paduan suara serta membekali calon guru dalam berinovasi serta melaksanakan proses pembelajaran paduan suara.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Pembelajaran ini diikuti oleh 39 siswa kelas XI dan XII yang erupakan anggota ekstrakurikuler paduan suara Enharmonic Singers SMA Negeri 1 Pandaan. Tujuan latihan adalah melatih sikap disiplin siswa, dan memberikan pengetahuan serta keterampilan bernyanyi lagu rindu lukisan. Untuk itu, proses latihan dipimpin oleh pelatih dan tutor yang merupakan sesama anggota yang dipilih oleh pelatih. Metode yang digunakan pelatih ialah kombinasi dari 3 metode yakni metode ceramah, metode tutor sebaya dan metode drill. Media pembelajaran yang digunakan ialah partitur, serta keyboard. Pelaksanaan pembelajaran ada 3 tahap yaitu kegiatan awal dengan melakukan pemanasan, kegiatan inti dengan mengenal notasi balok, latihan intonasi, frasering, artikulasi, dinamika kemudian diakhiri dengan kegiatan penutup melalui kegiatan evaluasi oleh pelatih. Hasil belajar setelah mengikuti proses ini ditampilkan dalam sebuah acara yaitu konser pre-competition dan LPS UGM 2019. Pada LPS UGM 2019 tim Paduan Suara Enharmonic Singers meraih juara 2 dengan perolehan nilai 80,81 dalam kategori paduan suara muda.
Kata kunci: proses pembelajaran, ekstrakurikuler, paduan suara, Enharmonic Singers, Rindu Lukisan.
ABSTRACT
Name : Dina Lowrentza Agustin
Study Program : S1 Pendidikan Sendratasik
Subject : Sendratasik
Faculty : Bahasa dan Seni
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Enie Wahyuning Handayani, M.Si
Year : 2019/2020
Achievements by Enharmonic Singers choir is the results of training program for develop talent and interest by students. Since 2010, this team was active in activities such as workshops and competitions. In 2019, they were prepared to participate as LPS UGM 2019. In this case, the participant should sing the song in accordance with the theme of the event. Carrying the theme "Memori Masa Muda", the choir was required to sing a song titled Rindu Lukisan arranged in the SATB choir format. Therefore, it is necessary to carry out the learning process as a form of preparation. The purpose of this study was to describe the process of learning the song Rindu Lukisan on the Enharmonic Singers choir of SMA Negeri 1 Pandaan in the framework of the 2019 LPS UGM and the results of learning to miss the song painting on the Enharmonic Singers choir at SMA Negeri 1 Pandaan in the framework of the LPS UGM 2019. to be used as a reference for other researchers relating to the learning of the song miss painting on the choir and to equip prospective teachers to innovate and carry out the choir learning process.
This type of research is included in qualitative research. Data collected using the method of observation, interviews, and documentation. Data validity uses triangulation of sources and techniques. Data analysis techniques are carried out through the process of data collection, data reduction, and data verification.
This learning was participated by 39 students of grade XI and XII who were members of the Enharmonic Singers choir extracurricular at SMA Negeri 1 Pandaan. The purpose of the exercise is to train students' disciplinary attitudes, and provide knowledge and skills to sing the longing song. For this reason, the training process is led by a coach and tutor who are fellow members chosen by the trainer. Three methods used by the trainer is lecture method, peer tutoring method and drill method. The learning media used are sheet music, and keyboard. There are 3 stages of learning implementation: initial activities by warming up, core activities by recognizing beam notation, intonation exercises, frasering, articulation, dynamics and then ending with closing activities through evaluation activities by the trainer. The learning outcomes after participating in this process were displayed in an event, namely the pre-competition concert and the LPS UGM 2019. At the LPS UGM 2019, the Enharmonic Singers Choir team won 2nd place of gold with 80.81 score.
Keywords: learning process, extracurricular, choir, Enharmonic Singers, Rindu Lukisan.