Membaca pemahaman bahasa Mandarin merupakan salah satu kemampuan dalam bahasa Mandarin dengan Mengetahui kosa kata, susunan kalimat dan ketatabahasaan bahasa Mandarin Membaca pemahaman bahasa Mandarin merupakan aspek yang cukup sulit dalam mempelajari bahasa Mandarin karena tidak hanya membaca tetapi pembaca diharuskan mengerti dan memahami arti atau makna dalam sebuah wacana
Pembelajaran yang monoton akan membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran Oleh karena itu penggunaan metode the power of two digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh positif metode dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa Kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yaitu 1 bagaimana pengaruh penggunaan metode the power of rwo terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin 2 bagaimana hasil pengaruh penggunaan metode the power of two terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin 3 bagaimana respon siswa kelas X terhadap penggunaan metode the power of two terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan bentuk one group pretest post test design yaitu dengan menggunakan satu kelas saja sebagai subyek penelitian Dalam penelitian ini terdapt tiga data yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa data pretest dan posttest serta angket respon siswa Subjek dari penelitian ini adalah seluruh kelas X bahasa SMAN 1 Driyorejo
Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut 1 hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukan kategori sangat baik pada aktivitas guru pertemuan pertama dengan skor 82koma32persen dan pada aktivitas guru pertemuan kedua dengan skor 86koma67persen Hasil analisis data obsevasi aktifitas siswa menunjukan kategori sangat baik pada pertemuan pertama dengan skor 86koma6persen dan pertemuan kedua dengan skor 90persen 2 berdasarkan hasil perhitungan t signifikasi diperoleh 9koma88 t 0koma 05komadb samadengan t 0koma05koma24 samdengan 1koma2 Nilai tersebut lebih besar berdasarkan nilai tabel, menunjukan ada perbedaan yang signifikansi antara nilai H0 dan H1 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
the power of two berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo 3 berdasarkan hasil analisis dan respon siswa bahwa Dari 10 butir pernyataan yang ada dalam angket, nilai rata-rata yang diperoleh dengan menggunakan skala likert menunjukkan pengaruh yang cukup kisaran nilai 41persen 60persen Maka dinyatakan bahwa hasil angket respon siswa kelas X SMAN 1 Driyorejo terhadap pengaruh penggunaan metode
the power of two berpengaruh cukup
EFFECT OF USE OF MEETODE THE POWER OF TWO ON THE ABILITY OF READING UNDERSTANDING OF MANDARIN LANGUAGE STUDENTS OF CLASS X SMAN 1 DRIYOREJO
Keywords Learning Methods The Power of Two Reading Comprehension
Reading Mandarin comprehension is one of the abilities in Mandarin by Knowing vocabulary sentence arrangement and grammar of Mandarin Reading Mandarin understanding is a quite difficult aspect in learning Mandarin because it not only reads but the reader is required to understand and understand the meaning or meaning in a discourse Monotonous learning will make students less enthusiastic in following the lesson Therefore the use of the power of two method is used to describe the positive effect of the method in learning to read the understanding of Mandarin on the students of Class X language SMAN 1 Driyorejo This research has three problem formulation that is 1 how influence the use of power of rwo method to reading comprehension ability of Mandarin 2 how the result of influence of the power of two method to reading comprehension ability of Mandarin 3how class X response to the use of the power of two method of reading comprehension in Mandarin This research is a pre experimental research with one group pretest post test design that is using only one class as research subject In this research there are three data which is observation sheet of teacher and student activity pretest and post test data and student response questionnaire Population of this research is all class X SMAN 1 Driyorejo while sample of research is class X Language SMAN 1 Driyorejo
Based on the result of data analysis this research has answer three problem formulation as follows 1 observation result based on calculation of Likert scale scale showed very good category in teacher activity first meeting with score 82koma32persen and second teacher meeting activity with score 86koma67 persen The result of obsevation data analysis of student activity showed very good category at first meeting with score 86koma6persen and second meeting with score 90persen 2 based on the result of t-significance calculation obtained 9koma88 t 0koma05koma db samdengan t 0koma5koma24 samdengan 1koma2 The value is larger based on the value of the table, indicating there is a significant difference between the value of H0 and H1 Thus it can be concluded that the power of two method has a significant effect on the reading comprehension ability of Mandarin in grade X students of SMAN 1 Driyorejo 3 based on the results of the analysis and the students response that From the 10 items statement in the questionnaire the average value obtained by using the Likert scale showed a strong influence value range 41persen untill 60persen Then it is stated that the results of the questionnaire responses of class X students SMAN 1 Driyorejo on the influence of the use of the method of the power of two positive enough effect