MEMBEKALI KEMAMPUAN ABAD 21 SISWA SMK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4. 0
EQUIP THE 21ST CENTURY SKILLS OF VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS IN THE ERA OF THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0
Abstrak
Di era revolusi industri 4.0 muncul teknologi baru yang membawa perubahan luar biasa di semua bidang ,tidak terkecuali adalah bidang pembelajaran . Pembelajaran abad 21 merupakan suatu pembelajaran yang bercirikan learning skill, dan literasi. Learning skill yaitu aktifitas belajar yang dalam proses belajar ditandai dengan adanya kerja sama, komunikasi, serta berpikir kritis dan kreatif. Sedangkan literasi yaitu kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang ketika berkomunikasi seperti, membaca, berbicara, menyimak, dan menulis dengan aturan yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Bukan hanya sekadar generasi yang terampil dalam pemahaman yang dibutuhkan namun juga generasi yang memiliki skill yang tangguh. Kemampuan yang dibutuhkan adalah kemampuan komunikasi dan kolaborasi (Communication and Collaboration). Penggunaan pembelajaran secara langsung dan pengajaraan dengan pendekatan konvensional membuat siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa cenderung kurang. Pembelajaran kooperatif jigsaw perlu diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini merupakan studi literatur dengan mereview jurnal nasional maupun internasional yang terkait dan relevan berdasarkan topik dengan kriteria yang telah ditentukan. Selanjutnya semua data yang telah dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari gagasan artikel ilmiah ini yaitu model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa serta sangat baik dan layak untuk diterapkan.
Kata kunci: Kooperatif, Jigsaw, Kemampuan Komunikasi dan Kolaborasi
Abstract
In the era of the industrial revolution 4.0, new technology emerged that brought extraordinary changes in all fields, including the learning process. 21st century learning is a learning characterized by learning skills and literacy. Learning skills are learning activities that are characterized by cooperation, communication, and critical and creative thinking. Meanwhile, literacy is the language skills possessed by a person when communicating, such as reading, speaking, listening, and writing with different rules according to their goals. It is not just a generation skilled in the understanding needed but also a generation that has strong skills. The skills needed are communication and collaboration skills (Communication and Collaboration). The use of direct learning and teaching with conventional approaches makes students tend to be less active in the learning process, so that students' communication and collaboration skills tend to be less active. Jigsaw cooperative learning needs to be applied in learning to improve communication and collaboration skills. The purpose of this article is to determine the advantages of the Jigsaw cooperative learning model in improving students' communication and collaboration skills. The method used in this scientific article is a literature study by reviewing related and relevant national and international journals based on topics with predetermined criteria. Furthermore, all data that has been collected are then analyzed using descriptive analysis methods. The result of this scientific article idea is that the cooperative learning model using the jigsaw type is considered to improve students' communication and collaboration skills and is very good and feasible to apply.
Keywords : Cooperative , Jigsaw, Communication and Collaboration Ability