Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan mekanisme dari other-initiated self-repairs yang terjadi pada interaksi antar siswa, untuk mengetahui frekwensi terjadinya other-initiated self-repairs yang terjadi pada interaksi antar siswa, dan untuk mengungkap alasan mengapa siswa berinisiati kepada siswa lain untuk memperbaiki ketidaktepatan pada interaksi antar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menyelidiki interaksi yang dilakukan oleh partisipan pada situasi sosial di kelas dalam keadaan alami. Data pada penelitian ini adalah ucapan dari partisipan selama diskusi kelas. Penelitian ini memaparkan analisis percakapan sebagai pendekatan metodologi karena penelitian ini berfokus pada interaksi yang terjadi secara alami. 25 partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa bahasa inggris pascasarjana. Pada kelas heterogen, terdapat 17 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Observasi dan interview dilakukan untuk mendapat data selama dua bulan dari bulan Febuari sampai dengan Maret tahun 2019.
Temuan dalam studi ini yaitu (1) short-cut repair sequence sering diperlihatkan dalam mekanisme other-initiated self-repairs. Urutan pertama menunjukkan ketidaktepatan, kedua adalah inisiatif perbaikan, dan ketiga adalah proses perbaikan, (2) sesuai urutan dari tipe other-initiated self-repairs yang paling sering hingga yang paling tidaksering terjadi adalah co-creating message or anticipation, clarification request, repetition, paraphrasing, overt question, and word replacement, (3) ada sekurangnya enam alasan kenapa siswa berinisiatif kenapa siswa lain untuk memperbaiki ketidaktepatan pada interaksi antar siswa. Pertama, berinistaif dengan tujuan untuk menyediakan kata untuk melengkapi ucapan. Kedua, berinisiatif dengan tujuan untuk mengklarifikasi ucapan sebelumnya. Ketiga, berinitiatif dengan tujuan memberi solusi untuk memberbaikai ketidaktepatan. Keempat, berinisiatif dengan tujuan untuk mempertahankan pemahaman antar pembicara dan pendengar. Kelima, berinisiatif dengan tujuan untuk meminta informasi lebih detail. Keenam, berinisiatif dengan tujuan untuk memberikan solusi dengan cara mengganti kata sebelumnya.
Kesimpulannya, other-initiated self-repairs pada interaksi antar siswa terjadi pada tiga urutan dalam bentuk short-cut repair dan melibatkan setidaknya dua partisipan. Dari semua tipe other-initiated self-repairs, co-creating message or anticipation sering terjadi sebagai inisiatif perbaikan. Penggunaan other-initiated self-repairs ditujukan terutama untuk menyediakan untuk mempertahankan pemahaman antar participan.
This research aims to visualise the mechanisms of other-initiated self-repairs in student-student interaction, to know the frequency of other-initiated self-repair occurrence in student-student interaction, and to reveal the reasons why students initiate others to repair trouble sources in student-student interaction.
This research is a qualitative study. It investigates the phenomena of interaction done by participants in social situation in natural setting in the classroom. The data were utterances of the research participants during the classroom discussion. This study exposes the methodological approach of Conversation Analysis (henceforth CA) since it focuses naturally-occurring talk in the interactions of any settings. 25 research participants involved to this study are graduate students mastering English as Foreign Language. In a heterogeneous classroom, there were 25 students, 17 students are females and 8 students are males. Observation and interview were conducted to collect empirical data for this study over a period of two months from February to March 2019.
The findings of the study are (1) short-cut repair sequence is frequently envisioned in other-initiated self-repair mechanism. First turn is trouble source, second turn is repair initiation, and the third turn is repairing process. The mechanism always involves at least two speakers in the interaction, (2) in sequence, from the most frequent to the least frequent other-initiated self-repair occurrence, the occurrence was co-creating message or anticipation, clarification request, repetition, paraphrasing, overt question, and word replacement, and (3) there are at least six reasons why some students initiated others to repair the trouble sources. First, it is to offer words or lexis to complete the preceding utterance. Second, it was to clarify preceding utterances. Third, it was to provide solution to repair a trouble source. Forth, it was to maintain the understanding among speakers and interlocutors. Fifth, it was to request further information. Sixth, it was to provide a solution to replace a preceding word.
In conclusion, other-initiated self-repair in student-student interaction occurs in three sequences in the form of short-cut repair and involves at least two participants. Of all types of other-initiated self-repair, co-creating message or anticipation occurred frequently as the repair initiation. The use of other-initiated self-repair is primarily objected to provide solution to maintain understanding among participants.