Penerapan Media Video Tutorial Praktik Pemangkasan Rambut Solid Di SMKN 3 Kediri
Application of Tutorial Video Media for Solid Hair Trimming Practice at SMKN 3 Kediri
Abstrak
Siswa kurang memahami mata pelajaran pemangkasan rambut dasar sehingga menyebabkan rendahnya nilai praktik pemangkasan. Hal ini dikarenakan penerapan media pembelajaran terhadap proses belajar kurang diminati siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil praktik siswa setelah penerapan media video tutorial praktik pemangkasan sebagai media pembelajaran pada materi pemangkasan rambut dasar di SMK Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre- eksperimental design jenis one shot case study. Subyek penelitiannya adalah 35 siswa dari kelas XII KC 1 SMK Negeri 3 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan validasi melalui lembar penilaian kelayakan media pembelajaran, observasi dengan lembar observasi keterlaksanaan penerpan media video tutorial, tes hasil belajar secara psikomotor melalui tes kinerja,dan respon siswa dengan mengisi kuisioner.
Hasil penelitian pada pengukuran hasil praktik melalui tes kinerja siswa mendapat rata-rata 85,0857Uji normalitas dengan menggunakan uji t satu sampel menghasilkan nilai t hitung sebesar 16,424, dan tabel t seperti yang terlihat pada tabel distribusi t satu pihak memuat rumus sebagai berikut: 34), taraf signifikansi 0,05, dan nilai-t 1,69092. Karena thitung > ttabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran melalui video tutorial merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil kemampuan psikomotor siswa.
Kata Kunci : Penerapan Media Video Tutorial, PemangkasanRambut Solid.
Abstract
Students do not understand basic hair cutting material, which causes a low score on trimming practices. This is due to the application of learning media in the teaching and learning process which is not quite right. This study aims to determine the achievement of students' practice results after the application of video tutorials on the practice of trimming as learning media on basic hair cutting material at VHS 3 Kediri. This type of research is a pre-experimental design type of one shot case study. The research subjects were 35 students from class XII KC 1 SMK Negeri 3 Kediri. Data collection techniques were carried out using validation through learning media feasibility assessment sheets, observations with
observation sheets on the implementation of video tutorial media, psychomotor learning outcomes tests
The results of the research on practical results measurement through student performance tests got an
through performance tests, and student responses by filling out questionnaires.
average of 85.0857. The normality test using the one-sample t-test resulted in a calculated t-value of 16.424, and the t-table as seen in the t-distribution table for one party contains the following formula: 34) , a significance level of 0.05, and a t-value of 1.69092. Because tcount > ttable, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that learning media through video tutorial is an effective learning medium to improve the results of students' psychomotor abilities.
Keywords: Video Media Application Tutorial, Solid Hair Trimming.