PENERAPAN TEKNIK POINTILIS PADA GAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 12 SURABAYA JURUSAN SENI LUKIS
APPLICATION OF POINTILIST TECHNIQUES ON ILLUSTRATION IMAGES OF CLASS X STUDENTS OF SMK NEGERI 12 SURABAYA DEPARTMENT OF PAINTING ART
Pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik pointilis belum pernah diterapkan di jurusan seni lukis SMK Negeri 12 Surabaya, oleh karena itu peneliti ingin memberikan pengalaman belajar dan wawasan baru kepada peserta didik serta memberikan referensi alternatif materi kepada guru mata pelajaran menggambar. Pembelajaran menggambar ilustrasi dengan teknik pointilis diharapkan dapat menjadi media pengungkapan ekspresi serta dapat mendorong kecerdasan emosi peserta didik, mengembangkan kepekaan rasa, membantu mengembangkan koordinasi otak, tangan dan mata saat menerapkan teknik pointilis, serta mendorong imajinasi dan kreativitas dalam membuat sebuah gambar ilustrasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil gambar siswa kelas X seni lukis 2, dapat disimpulkan bahwa dari keseluruhan siswa berhasil memaksimalkan penerapan teknik pointilis pada gambar ilustrasi sesuai dengan kemampuan yang peserta didik miliki, hal ini ditinjau dari hasil gambar beserta konsep yang dibuat sangat bervariasi dan imajinatif serta dari segi gelap terang yang dihasilkan dari teknik pointilis cukup dipikirkan kerenggangan dan kerapatan titik yang dihasilkan. Berdasarkan keterangan makna yang ditulis, peserta didik membuat konsep berdasarkan pengalaman pribadi, imajinasi, hal yang disukai, dan referensi dari permasalahan yang terjadi serta kejadian yang mereka alami.
Learning to draw illustrations with the pointillism technique has never been applied in the painting department of SMK Negeri 12 Surabaya, therefore researchers want to provide learning experiences and new insights to students and provide alternative reference materials to drawing subject teachers. Learning to draw illustrations with the pointillism technique is expected to be a medium for expressing expressions and can encourage students' emotional intelligence, develop sensitivity, help develop brain, hand and eye coordination when applying pointillism techniques, and encourage imagination and creativity in making an illustration image. This study uses a qualitative descriptive research method. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Based on the analysis of the results of the drawings of students in class X in painting 2, it can be concluded that all students succeeded in maximizing the application of the pointillism technique in illustration images according to the abilities of the students. The light and dark resulting from the pointillism technique is enough to think about the estrangement and the resulting point density. Based on the description of the meaning written, students create concepts based on personal experience, imagination, things they like, and references to problems that occur and events they experience.